Maret 22 2019 0Comment
air zam zam asli

Penting Diketahui! Cara Mengetahui Air Zam zam Asli Atau Tidak

Air Zam zam Asli – Air zam zam memang selalu identik dengan keistimewaanya. Seperti yang diketahui, air ini sangat khas digunakan sebagai oleh oleh ibadah haji atau umroh. Air zam zam juga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Oleh karena keistimewaan ini, banyak oknum-oknum yang berusaha untuk memalsukannya kemudian dijual untuk mendapat untung. Sedangkan untuk mendapat manfaat sebenarnya, tentu harus yang asli. Lalu bagaimana cara untuk memastikan keasliannya? Simak uraian berikut tentang cara mengetahui air zam zam asli atau tidak.

Air Zam zam Asli

1. Cek Menggunakan Alat TDS

Untuk memastikan air zam zam benar-benar original atau tidak, bisa digunakan alat bernama TDS. Cara menggunakan alat tersebut cukup mudah. Sampel air zam zam bisa langsung dimasukkan pada alat tersebut untuk mengukur angka derajatnya.

Nantinya, setelah sampel air zam zam dimasukkan pada alat tersebut, akan menghasilkan angka derajat. Jika angka yang keluar menunjukkan nilai 500 lebih tandanya air zam zam tersebut original. Namun, jika derajat yang keluar hanya 200, air zam zam dapat dikatakan palsu.

2. Bedakan Dengan Mencium Aroma

Keaslian air zam zam juga mampu diketahui dari mencium aromanya. Air zam zam yang original cenderung memiliki bau khas tanah yang cukup menyengat. Bau tanah ini biasanya tidak mendominasi air zam zam yang palsu.

3. Melihat Perubahan Yang Terjadi Pada Kemasan Air Zam zam

Membedakan air zam zam yang original dan tidak bisa juga dilakukan dengan memeriksa keadaan kemasan dimana ditempatkan. Perhatikan tampilan kemasan air zam zam setelah lama disimpan. Terdapat perbedaan yang cukup mencolok.

Pada kemasan air zam zam yang original ketika disimpan lama tidak tidak akan timbul lumut disekitarnya. Beda dengan air zam zam palsu, saat disimpan dalam kurun waktu lama, biasanya akan muncul lumut pada kemasan air. Apalagi keberadaan lendir yang terdapat pada air zam zam palsu, yang tidak akan ditemukan pada zam zam asli walaupun disimpan lama.

4. Mempertimbangkan Dari Segi Rasa

Cara ini mungkin bisa dilakukan oleh orang orang yang lebih sering mengkonsumsi air zam zam. Hal ini dikarenakan cara ini lebih mengandalkan kepekaan indra perasa seseorang yang terbiasa merasakan air zam-zam. Jika telah terbiasa merasakan air zam zam, memang ada perbedaan antara air zam zam yang original dengan yang palsu.

Rasa dari air zam zam asli sebenarnya cenderung anta, yaitu lebih pada rasa hambar dan tawarjika dibandingkan air biasa. Bahkan menurut beberapa orang rasa air zam zam yang asli lebih mirip ait tanah yang tidak dimasak.

5. Memakai Cairan Antiseptik

Bisa dipertimbangkan juga membedakan air zam zam yang asli dan palsu dengan menggunakan larutan antiseptik. Cairan antiseptik yang digunakan mengadung povidone Iodine seperti misalnya obat merah. Lakukan uji keaslian dengan mencampurkan sedikit larutan tersebut dengan air zam zam.

Caranya pun cukup mudah. Ambil kira kira 3 tetes antiseptik lalu letakkan pada gelas kecil. Kemudian campurkan air zam zam ke dalamnya. Aduk dan tunggu reaksinya. Air zam zam yang asli tidak akan mengalami perubahan warna (jernih).  Jika menjadi kekuningan, tandanya air zam zam palsu.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Air zam zam memang diminati banyak orang. Hal tersebut didukung oleh hasil penelitian labolatorium Eropa dan Saudi yang mengungkapkan jika air zam zam memiliki senyawa aktif pembunuh kuman. Namun manfaat ini hanya didapat pada air zam zam asli. Oleh karena itu pastikan keasliannya dulu air zam zam yang dikonsumsi.

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment