Maret 28 2019 0Comment

Mau Tahu Apa Saja Kegiatan Umroh? Simak Selengkapnya Disini

Apa Saja Kegiatan Umroh – Apa saja kegiatan Umroh? Tentunya banyak yang belum tahu apa lagi yang baru sekali pergi Umroh. Umroh secara bahasa artinya ziarah atau berkunjung. Ibadah ini bisa dilaksanakan kapan saja kecuali hari tasyrik dan hari arafah. Adapun kegiatan umroh sama seperti kegiatan haji, hanya saja dalam umroh tidak terdapat mabit, wukuf dan melempar jumroh. Berikut adalah penjelasan mengenai apa saja kegiatan umroh:

Apa Saja Kegiatan Umroh

Apa Saja Kegiatan Umroh

1. Ihram

Secara istilah ihram berarti niat haji atau umroh yang dilakukan di miqat. Miqat sendiri merupakan batas wilayah yang telah ditetapkan sebagai tempat memulainya ibadah haji maupun ibadah umroh. Berikut adalah beberapa tempat miqat yang telah ditetapkan :

  • Birr Ali : Batas miqat dari arah utara seperti Madinah
  • Rabigh : Batas miqat dari arah barat seperti Syam atau Suriah
  • As sail : Batas miqat dari arah timur seperti Najed atau Riyadh
  • Yalamlam : Batas miqat dari arah selatan seperti Indonesia, Malaysia, dan singapura.
  • Jiranah, Tanim dam hudaibiyah : Tempat miqat penduduk kota Mekkah

Calon jamaah haji maupun umroh disunnahkan untuk memakai wangi-wangian pada badan sebelum berihram di miqat. Jamaah laki-laki menggunakan kain putih tidak berjahit untuk menutup aurat dan sebagai atasan. Sedangkan perempuan memakai pakaian seperti biasa yaitu menutup semua aurat kecuali kedua telapak tangan dan wajah.

2. Tawaf

Tawaf ialah berjalan mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali. Sepanjang tawaf disunnahkan zikir dan berdoa. Sedangkan setelah tawaf dianjurkan solat dua rakaat dibelakang maqam Ibrahim. Kemudian juga disunnahkan meminum air zam-zam. Adapun beberapa ketentuan tawaf sebagai berikut:

  • Menutup aurat
  • Berjalan kaki bagi yang mampu
  • Menyempurnakan putaran sampai putaran ke tujuh
  • Suci dari hadas kecil maupun hadas besar

Adapun arah tawaf yaitu berlawanan dengan arah jarum jam. Pada setiap akhir putaran tawaf membaca doa “Rabbana atina fiddunya hasanah, wafil akhirati hasanah waqina adzabannar”.

3. Sai

Sai adalah berjalan kaki sebanyak tujuh kali bolak balik berawal dari bukit safa dan berakhir di bukit marwah. Kaum laki-laki disunnahkan untuk lari-lari kecil. Sedangkan kaum perempuan cukup berjalan dengan cepat. Adapun cara menghitung sai yaitu dari bukit safa ke bukit marwah dihitung satu kali begitu sebaliknya.

4. Tahallul

Tahallul artinya dihalalkan, maksudnya yaitu jamaah haji atau umroh diperbolehkan dari pantangan ihram. Ibadah ini dilakukan dengan cara mencukur semua atau sebagian rambut kepala bagi kaum adam. Sedangkan untuk kaum hawa hanya mencukur sebagian rambutnya saja.

Menurut para ulama, tahallul dibagi menjadi dua yaitu tahallul asgar (kecil) dan tahallul akbar (besar). Tahallul kecil yaitu tahallul yang pertama, setelah melakukan ibadah ini jamaah haji maupun umroh diperbolehkan melakukan larangan ihram kecuali hubungan suami istri.

Adapun tahallul akbar yaitu tahallul kedua, yang apabila telah dilakukan maka jamaah haji boleh melakukan semua larangan ihram termasuk hubungan suami istri.

5. Tertib

Tertib adalah melakukan semua rukun-rukun umroh maupun haji secara berurutan, yaitu dimulai dari yang pertama sampai terakhir. Jadi, tidak boleh mendahulukan yang seharusnya terakhir dan mengakhirkan yang seharusnya dahulu meskipun dengan alasan tertentu. Jika pelaksanaan rukun haji maupun umroh tidak tertib maka tidak sah. Alangkah baiknya melaksanakan ibadah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Nah, itu adalah penjelasan bagi yang penasaran mengenai apa saja kegiatan umroh. Adapun urutan pelaksanannya yaitu dimulai dengan ihram dari miqat, tawaf mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali, Sai atau lari-lari kecil dari bukit safa ke bukit marwah, tahallul atau mencukur rambut, dan yang terakhir yaitu urut atau tertib.

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment