Agustus 25 2018 0Comment
Biaya haji 2018 kemenag

Prosedur Pelunasan Biaya Haji 2018 Kemenag Dan Penjelasannya

Biaya haji 2018 kemenag – Haji merupakan rukun umat islam yang kelima, namun haji hanya dilakukan bagi orang yang sudah mampu baik mampu jiwa, raga maupun harta. Karena seperti yang sudah anda ketahui biaya haji 2018 kemenag kini sekitar Rp 31 juta hingga Rp 39 juta untuk kelas regular. Keinginan serta kemauan yang sangat tinggi jamaah Indonesia dan dunia sudah bukan rahasia umum lagi. Hal tersebut dikarenakan , peminat jamaah haji yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Terutama jemaah haji Indonesia dan untuk pendaftaran haji regular tidak dapat langsung berangkat pada tahun saat ia mendaftar karena kuota yang dibatasi.

Biaya haji 2018 kemenag

Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir akan hal ini karena biro perjalanan haji dan umrah PT. NURINDO WISATA telah memiliki kuota haji Kementerian Agama RI agar Anda bisa berangkat menunaikan ibadah haji. Kami telah beridiri sejak 2003 dan telah memiliki izin resmi dari Kemenag RI No.778 Tahun 2017. Untuk mengatur biaya yang akan dikeluarkan, ada prosedur tersendiri dalam pelunasannnya.

Berikut Ulas Prosedur Pelunasan Biaya Haji 2018 Kemenag Sebagai Berikut :

1. Besar Biaya Jemaah Haji Reguler Setiap Embarkasi

Indonesia dengan mayoritas umat beragama muslim tentunya sangat ingin pergi ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji. Dengan letak kepulauan yang berbeda membuat pemerintah membagi wilayah tersebut menjadi beberapa embarkasi. Berdasarkan jaraknya tentunya setiap embarkasi mengeluarkan biaya yang berbeda pula. Berdasarkan Kepres tahun 2018 tentang BPIH, maka setiap jemaah diwajibkan membayar Rp 25 juta sebagai setoran awal ke rekening BPKH.

2. Pelunasan Tahap Kedua

Pada pelunasan tahap kedua ini diperuntukkan bagi jemaah dengan kriteria tertentu, seperti  mengalami kegagalan sistem pada pelunasan BPIH tahap ke satu, memiliki status berhaji yang telah berusia 18 tahun atau sudah menikah, bagi jemaah yang mengajukan penggabungan suami/istri atau anak kandung/orang tua yang terpisah salah satunya telah melunasi di tahap 1,  serta pengajuan lanjut usia minimal 75 tahun yang dapat disertai dengan 1 (satu) orang pendamping, dan cadangan yang berasal dari Jemaah haji yang berhak lunas tahun depan sebanyak 5%.

3. Prosedur Pelunasan BPIH Lanjutan

Adapun beberapa tahapan berikutnya yang harus dilakukan setelah tahap kedua yaitu melakukan pelunasan BPIH yang dapat dilakukan di BPS BPIH sesuai tempat mendaftar. Jika telah melakukan pelunasan jemaah haji harus melakukan pelunasan BPIH reguler sebesar kekurangan antara besaran BPIH reguler dengan jumlah setoran awal BPIH telah dilakukan. Caranya yakni  dengan menunjukkan bukti asli setoran awal BPIH lembar pertama pada petugas BPS BPIH terlebih dahulu.

  1. Pastikan anda memang dinyatakan berhak lunas. Anda bisa memeriksanya di situs kemenag.go.id. Umumnya informasi ini juga di pampang di bank tempat anda melunasi haji, bisa juga datang ke kantor kemenag (kabupaten/kota) atau KBIH setempat saat anda mendaftar haji untuk mendapatkan informasi lengkap.
  2. Datang ke kantor bank yang ditunjuk untuk pelunasan haji, yaitu tempat anda mendaftarkan setoran awal haji. Dalam contoh ini misalnya Bank Syariah Mandiri cabang kabupaten/kota.
  3. Anda harus hadir langsung karena ada yang harus ditandatangani kecuali pihak bank memiliki kebijakan lain.
  4. Siapkan keuangan dan syarat administrasi.
  5. Antri di teller, dan setor sejumlah uang yang sesuai besaran sisa BPIH haji yang harus dibayar kedalam rekening haji anda, bila bingung silahkan tanyakan ke petugas bank terlebih dahulu untuk informasi lengkap.
  6. Setelah setor sejumlah uang untuk pelunasan di teller, anda akan memasuki proses pemberkasan / registrasi pelunasan haji anda. Anda harap bersabar dan harus mengantri tergantung banyaknya peserta dan biasanya dilakukan diruang/tempat terpisah. Berikan syarat administrasi yang diminta. Adapun syarat administrasi untuk setiap calon jemaah haji itu adalah :
  7. Jika proses registrasi / pemberkasan pelunasan berhasil di proses melalui SISKOHAT, maka anda akan diminta menandatangani surat pelunasan yang terdiri dari beberapa lembar yaitu lembar asli dan lembar berwarna untuk arsip ke bank dan terusan ke kantor kemenag.

4. Mendapat Surat Bukti Lunas

Bagi calon jemaah yang sudah melunasi BPIH reguler, nantinya akan mendapatkan bukti setoran lunas BPIH yang dicetak melalui  aplikasi Siskohat. Serta jemaah akan mendapat buku manasik haji, seragam batik, dan untuk pria mendapatkan kain ihram dan wanita mendapatkan mukenah. Bagi jemaah haji yang sudah  melakukan pelunasan, diwajibkan untuk melaporkan diri dengan membawa bukti pelunasan BPIH reguler ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota anda. Dari biaya haji 2018 kemenag yang sudah dibayar lunas tersebut itu tandanya anda sudah siap sebagai calon jamaah selanjutnya tinggal menunggu waktu pemberangkatan.

5. Menunggu Surat Diantarkan Ke Rumah

Perlu diketahui juga bahwa kini jemaah calon haji tidak perlu repot-repot datang ke Kemenag, untuk mengantarkan surat validasi pelunasan BPIH. Sebab sejak tahun ini surat pelunasan BPIH akan diantarkan langsung oleh pihak Bank. Biaya haji 2018 kemenag bisa dibilang standart dan tidak terlalu mahal dengan berbagai kemudahan yang diberikan.

Cara dan Tahapan Pelunasan Biaya Haji 2018

Menurut keterangan resmi Kemenag, ada sejumlah tahapan proses pelunasan biaya haji atau BPIH 2018 bagi para calon jemaah reguler. Berikut ini perincian tahapannya:

1. Pelunasan BPIH (biaya haji) dilakukan di Bank Penerima Setoran BPIH sesuai tempat mendaftar. Pelunasan juga bisa di Bank Penerima Setoran BPIH pengganti (bagi nasabah eks BPIH) di kabupaten/kota;

2. Pelunasan dilakukan dengan terlebih dahulu menunjukkan bukti asli setoran awal BPIH lembar pertama pada petugas Bank Penerima Setoran BPIH. Jemaah haji melakukan pelunasan dengan membayar selisih kekurangan antara besaran BPIH (biaya haji) reguler dengan jumlah setoran awal BPIH;

3. Jemaah haji, yang telah melakukan pelunasan BPIH (biaya haji) reguler, mendapatkan bukti setoran lunas BPIH yang dicetak dari aplikasi Siskohat. Para jemaah sekaligus menerima buku manasik haji, seragam batik, untuk pria mendapatkan kain ihram dan wanita mendapatkan mukena;

4. Jemaah Haji yang telah melakukan pelunasan, harus melaporkan diri dengan membawa bukti setoran pelunasan BPIH (biaya haji) reguler ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota;

5. Bagi jemaah haji yang telah melakukan pelunasan BPIH (biaya haji) reguler tahun 2018, diharapkan telah membuat paspor di kantor imigrasi setempat dan menyerahkannya ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk diproses penerbitan visa;

6. Bagi Jemaah Haji yang telah melakukan pelunasan BPIH (biaya haji) reguler, namun belum menjadi anggota BPJS, diminta segera mendaftar sebagai anggota BPJS.

Tahap Kedua dibuka jika pelunasan tahap pertama masih ada sisa kuota, harus memenuhi 5 syarat/kreteria seperti mengalami kegagalan sistem pada pelunasan BPIH tahap pertama, atau pengajuan penggabungan suami/istri atau anak kandung/orang tua yang terpisah.

Dia menjelaskan, setelah mengentahui berapa besar BPIH dan waktu pelunasannya maka inilah prosedur pelunasan BPIH, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu:

1       Pelunasan BPIH dilakukan di Badan Penerima Setoran (BPS) BPIH sesuai tempat mendaftar atau BPS BPIH pengganti (bagi nasabah eks BPIH) di kabupaten/kota

2       Jamaah haji melakukan pelunasan BPIH reguler sebesar selisih kekurangan antara besaran BPIH reguler jumlah setoran awal BPIH dengan terlebih dahulu menunjukkan bukti asli setoran awal BPIH lembar pertama kepada petugas BPS BPIH.

3       Jamaah Haji yang telah melakukan pelunasan BPIH reguler, akan mendapat bukti setoran lunas BPIH yang dicetak dari aplikasi Siskohat, buku manasik haji, seragam batik, serta untuk pria mendapat kain ihram dan mukena bagi wanita.

4       Jamaah haji yang telah melakukan pelunasan, harus melaporkan dengan membawa bukti setoran pelunasan BPIH reguler kepada petugas di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Ahda menjelaskan bagi jamaah haji yang telah melakukan pelunasan BPIH reguler tahun 1439H/2018M, diharapkan sudah membuat paspor dan menyerahkannya ke Kantor Kemenag Kabupaten/Kota untuk diproses penerbitan visa.

Baca juga :

Lihat video menarik tentang haji berikut :

Dengan demikian tentunya hal tersebut akan lebih memudahkan proses pelunasan bagi para jemaah haji nantinya. Walaupun kuota jemaah yang berangkat haji tiap tahunnya dibatasi, tak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan jasa dari PT.NURINDO WISATA yang akan membantu proses keberangkatan haji anda menjadi lebih mudah. Anda bisa mengunjungi kantor kami langsung di Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4 Jl Ahmad Yani, Bekasi atau website kami di alifahnurindo.com.  Bisa hubungi kami di nomor dibawah ini.

Head Office:

ALIFAH TOUR
PT. Nurindo Wisata
Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4
Jl. Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat – INDONESIA
Telp: (021) 8859750/ 8859751

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment