Agustus 16 2018 0Comment
Biaya haji 2018 reguler

Ini Dia Rincian Biaya Haji 2018 Reguler Yang Terbaru Dan Penjelasannya

Biaya haji 2018 reguler – Mendekati bulan Dzulhijjah,  informasi seputar haji mulai ramai diperbincangkan. Beberapa bulan yang lalu, tepatnya pada tanggal 12 Maret 2018, Kementrian Agama bersama komisi III DPR telah menetapkan biaya haji 2018 reguler. Yakni sebesar Rp. 35.235.602 per jamaah. Dimana biaya haji tahun ini mengalami peningkatan 0,9 persen atau sekitar Rp. 345.290 dari tahun sebelumnya. Bersamaan dengan itu, pemerintah juga akan meningkatkan kualitas pelayanan, pembinaan dan keamanan para jamaah. Selain dalam hal pelayanan dan biaya, peningkatan juga terjadi dalam hal porsi haji bagi jamaah Indonesia. Kini alokasi kuota meningkat sebanyak 4100 orang. Untuk masalah biaya haji, mungkin Anda penasaran dengan rincian biaya dari total jumlah tersebut. Anda bisa menyimak informasi tentang alokasi biaya haji di penjelasan berikut ini.

Biaya haji 2018 reguler

Rincian Biaya Haji 2018 Reguler

Biaya haji 2018 reguler mencakup beberapa biaya untuk kelengkapan anda selama melakukan perjalanan ke tanah suci. Biaya tersebut bisa meliputi biaya transportasi pergi dan pulang dari Indonesia ke Mekkah dan Madinah, biaya penginapan selama di tanah suci dan biaya lainnya. Lebih jelasnya, berikut ini rincian biaya haji yang wajib anda ketahui

Menunaikan ibadah haji di tanah suci merupakan impian yang di inginkan oleh setiap muslim jamaah di seluruh penjuru dunia. pasalnya ibadah haji termasuk salah satu rukun islam dan harus wajib untuk di jalankan oleh setiap muslim di manapun baik mampu secara lahir maupun batin. Sayangnya, banyak dari umat Muslim yang harus menunda perjalanan ini karena biaya yang dibutuhkan cukup mahal.

Di Indonesia terdapat du acara yang dapat dilakaukan oleh para calon jamaah haji yaitu dengan cara regular atau sering kita sebut ONH regular dan plus atau sering kita sebut ONH plus. Untuk ONH regular ini di selenggarakan oleh pemerintah dan untuk ONH plus di selenggarakan oleh pihak swasta tentunya dengan pengawasan dari pemerintah.

Selain pihak penyelenggara, perbedaan lain antara ONH Reguler dengan ONH Plus adalah mengenai cara setoran pendaftaran, jumlah pembayaran (biaya yang disetorkan), hingga fasilitas yang diperoleh selama di Tanah Suci. Jika di bandingkan dengan ONH reguler prosedur pendaftaran ONH plus memang lebih simpel dan mudah karena agen biro travel yang menyelenggarakan ONH plus ini telah di urus.

Untuk biaya haji berbeda antara ONH Reguler dan ONH Plus. Untuk ONH Reguler, ditetapkan oleh pemerintah Indonesia dan bisa berbeda-beda di masing-masing embarkasi. Berikut kami sajikan informasi terbaru biaya haji untuk ONH Reguler berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 7 tahun 2018 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Kelebihan Haji Plus dibanding Haji Reguler

  1. Jadwal keberangkatan lebih cepat
  2. Untuk lokasi penginapan haji plus kebanyakan lebih dekat dari masjidil haram sedangkan untuk haji reguler lokasinya kira-kira sekitar 3-5 km dari masjidil haram.
  3. Fasilitas hotel Haji Plus lebih banyak
  4. Untuk kebutuhan akomodasi dan konsumsi jamaah haji plus telah di tanggung oleh pihak penyelenggara sedangkan untuk konsumsi jamaah haji reguler ini di tanggung oleh priabdi.
  5. Jemaah mendapatkan bimbingan haji yang lebih intensif dan ekslusif

Tidak hanya itu, tarif biaya haji, baik Reguler maupun Plus dipengaruhi juga oleh lokasi daerah keberangkatan. Hal tersebut berpengaruh dari biaya embarkasi atau biaya keberangkatan menggunakan pesawat.

Bagi umat Muslim yang ingin mendaftar ONH Reguler, ada ketentuan pendaftaran yang harus diikuti, yaitu:

  • Wajib memiliki rekening di bank yang menyediakan layanan ini.
  • Memiliki surat keterangan sehat dan golongan darah dari puskesmas atau rumah sakit.
  • Mengisi surat pendaftaran pergi haji (SPPH) di Kantor Kementerian Agama.
  • Mengajukan porsi di Bank Penerima Setoran untuk mendapatkan BPIH.
  • Melaporkan bukti setoran awal BPIH dan dokumen penting lain ke Kementerian Agama.
  • Mengikuti bimbingan dan manasik haji di Kantor Kementerian Kabupaten atau Kota dan Kantor Urusan Agama setempat.
  • Membuat paspor biasa di kantor imigrasi yang dipergunakan untuk menunaikan ibadah haji.
  • Menyerahkan paspor biasa di kantor imigrasi yang dipergunakan untuk menunaikan ibadah haji.
  • Bergabung dalam kelompok terbang berdasarkan domisili kekeluargaan dan hubungan kekerabatan lainnya yang dibentuk pada saat bimbingan manasik haji.

Dibandingkan dengan ONH Reguler, prosedur pendaftaran ONH Plus memang lebih simpel. Calon jamaah hanya perlu menyetor tabungan haji plus minimal sebesar USD 5.000 untuk mendapatkan nomor porsi ONH Plus. Setelah mendapatkan nomor porsi ONH Plus, calon haji bisa menyerahkan semua berkas yang dibutuhkan kepada pihak penyelenggara ONH Plus. Empat bulan setelah mendapat kepastian nomor porsi, pembayaran ONH Plus harus segera dilunasi.

Untuk biaya yang harus dikeluarkan untuk mendaftar ONH Plus berkisar USD 10.000 hingga USD 15.000 per orang, tergantung fasilitas hotel dan jumlah rekan sekamar yang dipilih (double, triple atau quad). Harga semakin mahal jika tempat penginapan anda dekat dengan masjidil haram di mekah dan masjid nabawi di Madinah. Biaya ONH Plus tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, tergantung ketetapan Kementerian Agama Indonesia dan kebijakan masing-masing agen tour.

  1. Biaya Transportasi

Jamaah calon haji berjalan menuju pesawat di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (21/8).

Salah satu rincian biaya haji 2018 reguler adalah biaya transportasi.  Biaya ini meliputi biaya tiket pesawat, airport tax dan biaya pengangkutan bagasi dari Jeddah ke penginapan dan juga sebaliknya. Biaya transportasi memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Apalagi jika musim haji tiba, maskapai penerbangan akan memasang harga yang jauh lebih mahal dari hari biasanya. Dimana sebagian besar, maskapai akan mendapat booking untuk perjalanan  haji dan umroh ini. Belum lagi di sana anda harus mengunjungi banyak tempat dalam waktu yang pendek. Tentu saja ini menguras biaya transportasi.

  1. Biaya Pengurusan Berkas

Biaya Pengurusan Berkas

Selain biaya transportasi, biaya pengurusan berkas juga termasuk dalam rincian biaya haji. Biaya ini meliputi biaya pengurusan pendaftaran dan visa. Tentu saja berkas ini wajib anda miliki untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Termasuk adalah perjalanan ke mekkah dan Madinah ini. Jika anda tidak memiliki visa, maka anda tidak diperbolehkan melakukan perjalanan haji dan umroh. Atau jika memaksa, anda akan termasuk melakukan perjalanan secara illegal.

  1. Biaya Penginapan Di Mekkah

Biaya Penginapan Di Mekkah

Selama anda melaksanakan ibadah haji di sana, anda akan menginap di sebuah hotel atau penginapan yang sesuai dengan pembiayaan. Secara otomatis, biaya penginapan ini akan meningkat drastis saat musim haji tiba. Menurut hasil pembahasan komisi III DPR, biaya penginapan di Mekkah rata rata sebesar 4504 real. Dimana sebesar 668 real dibayar oleh jamaah haji sendiri dan sisanya dialokasikan untuk dana optimalisasi.

  1. Biaya Penginapan Di Madinah

Biaya Penginapan Di Madinah

Besar biaya penginapan di Madinah tak jauh beda dengan di Mekkah. Karena, setelah melakukan ibadah haji di Mekkah anda pasti akan melanjutkan perjalanan menuju Madinah. Dimana secara otomatis, anda juga akan menginap di sebuah hotel selama beberapa hari. Adapun untuk biaya penginapan di Madinah, seluruhnya di biaya oleh dana optimalisasi. Yakni dengan pagu rata rata SAR850.

  1. Biaya Hidup

Biaya hidup anda selama di Mekkah dan Madinah juga termasuk dalam rincian biaya haji 2018 reguler. Tentu saja menghabiskan biaya yang besar. Biaya living allowance ini biasanya diberikan sebesar 500 real atau setara dengan Rp. 5.355.000 dan diberikan dalam bentuk mata uang. Biaya hidup bisa meliputi biaya konsumsi anda selama di tanah suci dan biaya oleh oleh seperti air zam zam dan pernak pernik khas tanah suci.

Lihatlah video menarik tentang haji berikut ini :

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=lSO_3GUDS1g]

Baca juga :

Itulah sekilas informasi tentang biaya haji reguler, untuk menambah informasi sebelum berangkat haji, dan anda bisa mempersiapkan perlengkapan anda sebelum berangkat beribadah haji ketanah suci. Selamat bagi anda yang sudah menjadi calon jamaah haji yang bisa berangkat tahun ini. dan yang belum mendaftar semoga dimudahkan rejekinya, tahun depan bisa berangkat umroh atou haji, aamiin ya robal a’lamin. jika anda ingin mendaftar menjadi jamaah haji bisa datang langsung ke kantor kami atou hubungi kami di kontak dibawah ini,

ALIFAH TOUR
PT. Nurindo Wisata
Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4
Jl. Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat – INDONESIA
Telp: (021) 8859750/ 8859751

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment