Agustus 28 2018 0Comment
Cek jadwal keberangkatan haji berdasarkan nomor porsi

Cara Cek Jadwal Keberangkatan Haji Berdasarkan Nomor Porsi

Cek jadwal keberangkatan haji berdasarkan nomor porsi – Haji merupakan impian semua umat muslim di dunia, tentunya untuk menyempurnakan agamanya. Maka dari itu banyak sekali orang yang mendaftarkan diri untuk pergi ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji. Karena semua umat muslim berkeinginan sama, akibatnya kuota keberangkatan haji menjadi tidak seimbang . Dan menyebabkan muncul waiting list atau daftar tunggu agar dapat beribadah haji, yang semakin lama semakin bertambah lama. Jika sudah ada yang mampu dan mendaftar pergi ke tanah suci, tentunya mereka tidak sabar dalam menunggu kabar tentang keberangkatannya. Jemaah calon haji yang sudah mendaftar bisa melakukan cek jadwal keberangkatan haji berdasarkan nomor porsi mereka. Untuk cek jadwal keberangkatan haji anda akan lebih mudah menggunakan travel haji PT. NURINDO WISATA. Berikut adalah tata caranya :

Cek jadwal keberangkatan haji berdasarkan nomor porsi

Calon Jamaah Haji yang sudah mendaftar dan memiliki nomor porsi tentu sangat berharap untuk segera berangkat haji. Namun kendala kuota yang tidak seimbang akibat minat yang begitu besar untuk menunaikan haji menjadikan waiting list/daftar tunggu di Indonesia menjadi sangat lama. Untuk mengetahui perkiraan keberangkatan, kita bisa mengecek nomor porsi keberangkatan haji secara online.

Cara Cek Jadwal Keberangkatan Haji Berdasarkan Nomor Porsi

1. Mengetahui Nomor Porsi

Mengetahui Nomor Porsi

Setelah mendaftar haji regular, nantinya anda kan mengetahui nomor porsi anda. Nomor porsi ini bertujuan untuk mengetahui urutan keberangkatan anda. Mengapa anda harus mengetahui nomor porsi anda, karena pemerintah membatasi kuota jamaah haji dari Indonesia. Jadi semakin banyak nomornya maka keberangkatan semakin lama. Nomor porsi tertera dalam bukti setoran awal BPIH.

2. Membuka Website Resmi Kemenag

Membuka Website Resmi Kemenag

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai cek jadwal keberangkatan haji berdasarkan nomor porsi anda bisa membuka halaman resmi Kemenag. Setelah masuk dihalamannya, anda tinggal memasukan nomor porsi haji anda pada kolom yang tersedia. Dengan begitu setelah loading maka akan muncul data informasi mengenai keberangkatan haji anda.keberhasilan cara ini tergantung dengan akses database web.

3. Jika Tidak Melihat Estimasi

Fungsi dari estimasi tahun keberangkatan haji merupakan persiapan untuk pelunasan BPIH ata persiapan perlengkapan haji yang harus dipersiapkan serta pemantapan ilmu tentang manasik haji dan sebagainya. Jika estimasi tidak terlihat kemungkinan sedang terjadi overload server atau maintence server pada website Kemenag. Dan anda bisa mencoba mengecek kembali keesokkan harinya.

4. Bersabar Menunggu

Karena untuk mengantisipasi ledakan jumlah jemaah haji di Mekkah, maka pemerintah mekkah membuat kesepakatan dengan semua negara. Yakni untuk membatasi kuota jemaah haji masing-masing negara tiap tahunnya. Jadi bukan tidak mungkin jika jadwal keberangkatan haji semakin lama atau bahkan jadwal  akan mengalami kemunduran keberangkatan ke tanah suci.

5. Jemaah Haji Plus

Jemaah Haji Plus

Jika anda merupakan jemaah haji plus, anda dapat meminta bantuan dari pihak travel haji plus tempat anda mendaftar. Namun apabila anda belum mendapatkan nomor porsi sebagai bukti legalitas anda bukanlah jemaah haji yang terdaftar depag. Karena dengan nomor porsi akan menandakan bahwa anda merupakan jamaah haji kuota Departemen Agama  yang resmi, dikarenakan haji non kuota tidak memiliki nomor porsi.

Sebagai calon jemaah haji, sebaiknya anda cek jadwal keberangkatan haji berdasarkan nomor porsi. Karena saat cek nomor porsi website sering mengalami error ketika musim haji tiba dan waktu setelahnya. Penyebab hal ini adalah Kemenag mulai mengupdate nomor porsi calon jamaah setelah pulang dari pelayanan jamaah haji tanah suci.

Calon jemaah juga sebaiknya rutin dalam pengecekan nomor porsi karena estimasi tahu berangkat bisa berubah tiap saat dikarenakan bayal hal. dan perlu diketahui bahwa Kemenag telah resmi menetapkan kuota haji tahun 2018 sebanyak 221 ribu jamaah. Jika anda ingin berkonsultasi tentang haji atau umroh lebih lanjut, maka anada bisa melalui PT. NURINDO WISATA akan siap membantu anda. Anda juga bisa mengunjungi situs webnya di alifahnurindo.com.

Para calon jamaah haji dapat mengecek tahun kapan berangkat haji secara online apabila sudah mempunya nomor porsi. Dengan pengecekan estimasi tahun keberangkatan haji secara online ini calon jemaah haji bisa melakukan persiapan yang salah satunya adalah melunasi BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji). Nomor porsi haji yaitu semacam nomor urut pendaftaran atau nomor antrian yang diperoleh saat calon jemaah haji membayar setoran awal pada bank penerima setoran haji. Untuk saat ini jumlah setoran awal haji yang disyaratkan adalah sebesar Rp.30 juta. Kemudian untuk mempersiapkan segala sesuatunya termasuk apa saja yang akan dibawa ke sana. Dan terakhir adalah mempersiapkan ilmu atau tata cara manasik haji dengan lebih matang.

Nomor porsi haji yang diperoleh biasanya tertera dalam lembar bukti setoran awal yang dilakukan di bank penerima setoran haji. Terdiri dari 10 digit angka. Nomor porsi haji bukan lah nomor SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji) yang diperoleh saat calon jemaah haji mendaftar pertama kali di kantor Kementerian Agama kabupaten atau kota. Misal nomor porsi haji : 1200104486.

  1. Jika hasil estimasi keberangkatan haji tidak terlihat/error maka saat ini sedang dalam perbaikan database. Perbaikan database dilakukan rutin oleh Kemenag, jadi kalau Anda tidak bisa mengeceknya, coba cek lagi di lain hari.
  2. Nomor porsi hanya untuk jamaah haji kuota Depag Resmi (haji non-kuota tidak ada nomor porsi).
  3. Nomor porsi haji terdiri dari 10 digit yang tertera di bukti setoran BPIH. Ingat nomor porsi haji berbeda dengan nomor SPPH.
  4. Pastikan langsung ke Kantor Wilayah Kemenag dimana anda mendaftar atau bisa menghubungi call center haji kemenag di 021-500425

Tujuan memahami perkiraan tahun keberangkatan haji adalah agar persiapan para jamaah lebih matang lagi dan siap untuk menunaikan ibadah haji. Berikut cara memperkirakan tahun keberangkatan haji dengan mengecek nomor porsi :

  • Setelah jamaah melakukan penyerahan setoran awal haji sebesar 25 juta ke BPS akan mendapatkan bukti setoran awal BPIH yang yang mwncantumkan nomor porsi haji.
  • Untuk nomor porsi haji terdiri dari 10 digit dan nomor porsi tersebut di dapat setelah anda melakukan bukti setoran awal di bank sebenarnya kebanyakan jamaah mengira nomor porsi haji adalah nomor SPPH faktanya bukan SPPH.
  • Jika ingin mendaftar haji plus mintalah bantuan travel haji tempat anda mendaftarkan diri, jika nomor porsi yang belum anda dapatkan maka minta bantuan pada biro travel yang anda kirim.
  • Para calon jamaah harus menunggu dengan sabar antrian keberangkatannya walaupun haji plus juga harus menunggu bertahun-tahun lamanya.
  • Dengan adanya nomor porsi artinya anda sudah terdaftar di kuota depag resmi.

Jika calon haji tidak dapat melihat perkiraan pemberangkatan haji maka berarti lagi sedang perbaikan database. Perbaikan tersebut rutin di lakukan oleh kemenag, jadi apabila sekarang anda tidak bisa mengecek nomor porsi tersebut anda dapat mencobanya di lain hari lagi.

Baca juga :

Lihatlah video menarik tentang haji berikut ini :

Demikian artikel mengenai cara cek jadwal keberangkatan haji menurut porsi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk anda dan untuk lebih jelasnya lagi anda dapat menghubungi kami atau langsung datang ke tempat kami. Berikut merupakan kontak yang dapat anda hubungi :

Head Office:

ALIFAH TOUR
PT. Nurindo Wisata
Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4
Jl. Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat – INDONESIA
Telp: (021) 8859750/ 8859751

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment