Maret 28 2019 0Comment
daftar perlengkapan haji

Daftar Perlengkapan Haji Untuk Perempuan Dan Laki-Laki

Daftar Perlengkapan Haji – Ibadah haji diwajibkan bagi yang mampu dari segi fisik, finansial, maupun rohani. Sebelum berangkat haji calon jamaah harus menyiapkan daftar perlengkapan haji yang harus dibawa. Baik untuk perempuan maupun untuk laki-laki selama melakukan ibadah di tanah suci. Berikut daftar perlengkapan yang harus dibawa demi kenyamanan saat beribadah :

Daftar Perlengkapan Haji

Daftar Perlengkapan Haji

1. Peralatan Mandi

Daftar perlengkapan haji yang pertama harus dibawa adalah peralatan mandi. Seperti sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, shampoo, dan handuk.

Bawa lah perlengkapan tersebut secukupnya saja selama berada disana. Untuk calon haji wanita memang perlengkapan yang perlu dibawa lebih banyak. Seperti hand body, pelembab, kosmetik, sabun muka, parfum dan sebagainya.

Untuk kosmetik dianjurkan jangan membawa yang berbau mencolok. Dan bawa sewajarnya saja, untuk pelembab dan hand body nantinya akan melindungi kulit akibat perubahan udara. Jangan lupa juga untuk membawa pembalut bagi perempuan. Pelembab bibir dan kaki agar tidak kering saat disana.

2. Perlengkapan Doa Dan Buku Panduan

Bawa al qur’an yang kecil saja tidak perlu yang besar, yang terpenting adalah do’a yang ada didalamnya. Dan juga bawalah doa doa yang akan dibuat untuk manasik haji, doa tersebut biasanya sudah disediakan oleh jasa travel. Jangan lupa peta, untuk di madinah atau di makkah supaya tahu jalan saat berada disana.

Jika mau lebih praktis lagi bisa membawa counter tasbih digital, dan juga kompas kiblat. Benda tersebut dapat berupa aplikasi di handphone, dan sudah berbasis digital.

Jangan lupa untuk selaku menjaga barang pribadi seperti uang, pasport dan lainnya. Dan bawa perlengkapan sholat seperti mukena dan sajadah yang tipis saja.

3. Perlengkapan Untuk Kesehatan

Meskipun sudah disediakan obat obat an oleh petugas yang ada disana. Tapi tetap harus berjaga jaga juga membawa obat pribadi, karena biasanya obat yang disediakan tidak lengkap. Dan juga untuk yang mempunyai penyakit khusus disarankan tidak lupa untuk membawa obat obat yang diperlukan.

Bawa obat yang secukupnya saja dan yang diperlukan nantinya. Seperti obat untuk masuk angin, minyak kayu putih, obat luka dan hansaplast, obat flu, obat diare, obat anti mabuk. Untuk obat luka dan plester tidak wajib dibawa karena sudah disediakan oleh petugasnya.

Biasanya saat disana penyakit yang dihadapi adalah pilek, batuk, diare, dll. Apabila mempunyai penyakit khusus bilang terlebih dahulu kepada yang bertugas. Dan yang menggunakan kursi roda pun sama karena nantinya saat berangkat kursi roda tersebut akan diwrapping.

4. Peralatan Untuk Tidur Dan Pendukung

Untuk perlengkapan pendukung terdapat beberapa yang bisa dan wajib dibawa. Seperti payung lipat, bawa yang berukuran kecil saja dan secukupnya. Payung ini nantinya akan sangat berfungsi, karena disana cuacanya sangat panas.

Dan kacamata hitam ini boleh tidak dibawa karena memang sesuai kebutuhan.  Kacamata hitam untuk menghalau terik matahari. Bawa bantal berukuran kecil, untuk digunakan selama perjalanan.

Jangan lupa juga untuk membawa masker, sandal, kaos kaki untuk wudhu, sarung tangan, dan kantong batu. Bawa kantong kresek atau tas kain untuk menyimpan sandal saat di masjid nabawi. Gunting kecil dan gunting kuku, gunting kecil akan dipakai saat melakukan rukun tahallul.

5. Perlengkapan Pakaian Yang Akan Digunakan

Dan daftar perlengkapan haji yang harus dibawa terakhir adalah pakaian ganti. Untuk wanita membawa minimal 2 set pakaian ihram, sebaiknya tidak ketat dan transparan. Kerudung panjang, bawa secukupnya saja. Kaos dalam, 1-2 panty liner, celana panjang yang agak tebal.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Untuk laki-laki 2 lembar kain ihram yang tidak dijahit dan 2 setel untuk bergantian. Dan juga bawa ikat pinggang untuk mengikat kain ihram. Kaos putih lengan panjang atau pendek dan juga kain ihram harus warna putih.

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment