Maret 27 2019 0Comment
daftar tunggu haji

5 Hal Yang Bisa Dilakukan Setelah Masuk Dalam Daftar Tunggu Haji

Daftar Tunggu Haji – Berangkat haji kini tidak seperti zaman dahulu. Kini orang harus mengantri dan menunggu hingga 5 tahun atau lebih. Waktu tunggu yang begitu lama kadang menyebabkan beberapa orang merasa aman dan ingin bersiap jika sudah hampir tiba masanya berangkat. Namun, persiapan yang tergesa-gesa memungkinkan ibadah jadi tidak maksimal. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan setelah masuk dalam daftar tunggu haji:

Daftar Tunggu Haji

1. Berolahraga

Olahraga mungkin tidak terpikirkan bagi calon jamaah haji. Terlebih bagi yang masih muda dan merasa sehat. Olahraga seperti lari sore, jalan cepat dan yoga bisa membantu kelancaran ibadah saat di tanah suci.

Ini disebabkan kemungkinan hotel tempat menginap jauh dari Masjidil Haram. Jadi jamaah harus berjalan beberapa ratus meter sebelum menunaikan solat.

Jika tidak dibiasakan untuk berolahraga, jamaah bisa mudah lelah. Sehingga tidak bisa menunaikan solat 5 waktu secara intensif di masjid.

Selain itu, suhu udara dan cuaca di Makkah dan Madinah berbeda dengan di Indonesia. Ada penyesuaian secara natural oleh tubuh yang kadang mengakibatkan flu atau sedikit pusing. Ini bisa diatasi dengan mudah jika jamaah benar-benar sehat.

2. Menghafal Doa

Ada beberapa doa berbeda dalam setiap tahapan haji. Misalnya doa saat Thawaf, Sa’i hingga melempar jumroh. Kemudian perlu diperhatikan pula bahwa keadaan tempat haji penuh jamaah dari seluruh dunia.

Maka tidak ada waktu lengang ketika rukun haji dilakukan. Doa harus dihafalkan di luar kepala, agar bisa melafalkan dengan lancar meski kondisi terdesak. Kebiasaan dan hafalan yang baik akan memudahkan jamaah untuk melakukan rukun haji dengan tenang.

3. Mempersiapkan Keperluan Haji

Sama seperti berlibur ke negara lain, banyak pakaian dan perlengkapan yang harus disiapkan. Misalnya kain ihrom, topi besar, kaos berkantung dan lain sebagainya.

Buat daftar kebutuhan selama di tanah suci sebelum berbelanja. Pembelian kebutuhan haji sebaiknya sedikit demi sedikit agar tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari.

Cuaca panas di siang hari dan dingin di malam hari bisa juga mengganggu kesehatan. Jadi beberapa vitamin juga harus dipersiapkan.

4. Membiasakan Sholat Tepat Waktu

Kebiasaan di tanah air akan terbawa kemanapun. Termasuk saat berhaji. Mulai membiasakan sholat wajib di awal wakti akan sangat membantu.

Sebab waktu di tanah suci hanya beberapa hari saja. Jamaah harus bisa memanfaatkan waktu dengan baik agar bisa sholat sesering mungkin di masjid. Ini dikarenakan pahala sholat di Makkah berkali-kali lipat lebih besar dari sholat di tempat lain.

5. Ikut Manasik Haji

Kegiatan manasik haji biasanya dimulai dalam satu tahun sebelum keberangkatan. Jadi misalnya seseorang dijadwalkan berangkat tahun 2020, kegiatan manasik akan dimulai di awal 2020.

Sebelum kegiatan manasik resmi dimulai, calon jamaah bisa melihat rangkaian kegiatan haji melalui video di Youtube. Dari sini jamaah bisa memperkirakan kegiatan apa saja yang harus dilewati dalam sehari.

Selain itu ada beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan selama haji. Misalnya dilarang mencabut rumput, membunuh hewan, hingga memotong rambut di waktu tertentu.

Hal-hal ini jika dilanggar akan menyebabkan jamaah harus membayar denda. Maka sebelum manasik dan pembiasaan dimulai, akan jauh lebih baik jika calon jamaah yang sudah masuk dalam daftar tunggu haji mengetahui hal tersebut.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Hampir semua muslim bermimpi untuk masuk daftar tunggu haji. Kesempatan istimewa ini jarang bisa terjadi 2 kali. Perjuangan demi mendaftar pun tidak mudah. Sebagai umat islam yang baik, setelah masuk dalam daftar tunggu haji harus maka harus mempersiapkan diri. Ini adalah salah satu bentuk syukur kepada Tuhan.

Kantor Cabang Bogor : Hj. Latifah

Alamat : KP. Pangkalan Raya,RT. 002/002 Gg. Dahlia No.15, Desa Cibuluh, Bogor Utama 16164
No. Telp : 081586117740 / 087874790443
Jam Buka : Mon – Sat: 9:00 – 18:00

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment