Agustus 28 2018 0Comment
Daftar Umroh 2018

Ingin Daftar Umroh 2018? Inilah Persyaratan Penting Yang Perlu Dipersiapkan

Daftar umroh 2018 – Umroh kini memang menjadi salah satu ibadah bagi umat Islam yang diminati oleh banyak masyarakat. Dari tahun ke tahun, jumlah jamaah atau rombongan yang ingin pergi ibadah umroh semakin meningkat. Di tahun 2018 ini, banyak masyarakat beragama Islam yang berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk beribadah umroh ke tanah suci. Tentunya sebelum anda daftar umroh 2018, sepertinya perlu mempersiapkan beberapa persyaratan pendaftarannya terlebih dahulu. Sebagai umroh tour yang telah berkecimpung sejak tahun 2003, alifah nurindo sangat peka terhadap kebutuhan para calon jamaah umroh. Oleh karena itu kami tidak akan mempersulit jamaah yang ingin beribadah dengan pergi ke tanah suci. Para calon jamaah umroh hanya perlu mempersiapkan beberapa persyaratan pendaftaran saja.  Apa sajakah persyaratan untuk pendaftaran ibadah umroh 2018? Berikut ini akan disebutkan beberapa persyaratannya.

Daftar Umroh 2018

Inilah Persyaratan Penting Yang Perlu Dipersiapkan

1. Formulir Pendaftaran

Untuk daftar umroh 2018, awalnya anda tentu diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Mengisi formulir pendaftaran ini memang harus dan wajib dilakukan. Biasanya di dalam formulir pendaftaran ini, anda perlu mengisi data diri dan anggota keluarga yang akan diikutsertakan dalam ibadah umroh. Sebaiknya saat mengisi formulir pendaftaran ini, anda teliti dan disesuaikan dengan identitas diri yang dimiliki.

2. Paspor Asli

Sebelum daftar umroh 2018, syarat penting lainnya yang perlu dipersiapkan jauh-jauh hari adalah paspor. Anda perlu mengurus dokumen ini terlebih dahulu sebelum mendaftarkan diri sebagai calon jamaah umroh. Jika anda telah memiliki paspor sebelumnya, pastikan bahwa paspor tersebut masih berlaku minimal 8 bulan dari rencana keberangkatan umroh.

3. Fotokopi KTP dan KK

Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga juga perlu anda sertakan saat mendaftar ibadah umroh. Kedua dokumen ini sangat diperlukan untuk mencocokkan identitas diri yang anda tulis di formulir pendaftaran dengan data kependudukan di sistem. Biasanya, bagi anda wanita yang usianya kurang dari 45 tahun dan ingin pergi dengan suami, maka wajib melampirkan buku nikah asli sebagai bukti sah.

4. Pas Foto

Sebagai syarat lain untuk daftar umroh 2018, anda juga perlu mempersiapkan pas foto dengan latar belakang warna putih. Untuk ketentuan foto, usahakan gambar wajah atau kepala sekitar 80% dari komposisi keseluruhan foto. Selain itu, untuk ketentuan lainnya foto yang dilakukan tidak boleh dengan memakai seragam dinas ataupun memakai kacamata. Untuk para wanita, jilbab yang digunakan dalam pas foto adalah warna selain putih. Nah, sedangkan untuk ukuran fotonya yaitu 3×4 sebanyak 3 lembar dan ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar.

5. Buku Kuning Dan Sertifikat

Selanjutnya anda juga perlu mencantumkan buku kuning yang disertai dengan sertifikat tentang vaksinasi meningitis. Hal ini diperlukan sebagai bukti bahwa anda dalam keadaan sehat dan telah bebas dilakukan vaksinasi meningitis. Ini kami lakukan agar para jamaah terhindar dari virus-virus meningitis.

6. Akte Kelahiran Asli

Kadang para jamaah juga akan mengajak serta anak-anak yang masih di bawah umur. Nah, bagi anda yang ingin mengikutsertakan anak-anak, kami membutuhkan dokumen berupa akte kelahiran asli dari si anak tersebut. Sangat mudah bukan?

Nah, setelah semua dokumen yang diperlukan untuk daftar umroh 2018 tersebut telah selesai dikumpulkan, anda dapat menghubungi pihak kami. Selanjutnya para staff atau karyawan alifah nurindo akan melayani dan memproses dokumen anda dengan senang hati.  Ternyata daftar umroh 2018 itu tidak rumit ataupun ribet, kan? Tunggu apalagi, yuk segera urus dan kumpulkan persyaratannya terlebih dahulu lalu daftarkan diri anda sesegera mungkin! Unutk informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi kontak person yang tercantum pada menu kontak info.

Selain persyaratan dokumen, ada juga syarat lain yang tak kalah penting, bahkan turut menentukan apakah seseorang berhak menunaikan ibadah umroh atau tidak, di antaranya:

Beragama Islam

Umroh merupakan rangkaian ibadah yang dikhususkan bagi umat Muslim. Sedangkan bagi non-Muslim, perjalanan spiritual yang sering disebut dengan haji kecil ini memang tidak disyariatkan.

Berakal

Poin kedua, umroh dilaksanakan oleh mereka yang berakal sehat (tidak gila). Apa pun alasannya, umroh tidak akan pernah sah jika dilaksanakan oleh mereka yang tidak berakal sehat.

Paspor asli yang masih berlaku (minimal 6 bulan dari tanggal keberangkatan), adalah salah satu persyaratan umroh. Paspor harus dengan nama yang memiliki 3 suku kata, misal: Rahman Ridha Hanifan.

Istitaah atau Mampu

Baik ibadah haji maupun umroh memiliki syarat lain yang tidak boleh dilewatkan, yakni istitaah atau kemampuan, entah dari segi fisik, finansial (keuangan), maupun keamanan.

Baligh

Salah stau rukun umroh adalah jemaah sudah baligh alias dewasa, karenanya anak yang usianya belum memenuhi rukun memang tidak disyariatkan untuk menunaikan umroh.

Merdeka dan Bukan Hamba Sahaya

Rukun dan syarat umroh yang terakhir adalah merdeka dan bukan budak. Hal ini penting diperhatikan, sebab ibadah umroh berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Jika para hamba sahaya melaksanakan umroh, dikhawatirkan akan mengganggu kepentingan tuannya.

Nah, selain syarat-syarat di atas, ada juga larangan yang tidak boleh diabaikan para jemaah umroh, di antaranya:

Untuk Jemaah Laki-Laki:

  • Mengenakan pakaian berjahit
  • Memakai sepatu yang menutup mata kaki
  • Mengenakan penutup kepala seperti peci dan topi (payung masih diperbolehkan)

Untuk Jemaah Wanita:

  • Mengenakan pakaian yang menutup muka dan telapak tangan
  • Bercadar

Persiapan Umroh

Untuk Jemaah Laki-Laki dan Wanita:

  • Memakai wewangian (kecuali yang dipakai sebelum ihram)
  • Memotong kuku dan bercukur atau mencabut bulu badan
  • Memburu, mengganggu, atau membunuh hewan dengan cara apa pun
  • Memotong atau merusak pohon di Tanah Suci
  • Meminang, menikah, menikahkan, atau menjadi saksi nikah
  • Bercumbu atau melakukan hubungan suami istri
  • Mengucapkan kata-kata kotor

Itu dia syarat umroh yang wajib diperhatikan setiap jemaah yang hendak menuju Tanah Suci. Semoga bermanfaat.

Adapun tips mempersiapkan perlengkapan umroh

Sebelum berangkat ke Mekkah untuk menjalankan ibadah umroh tentu saja membutuhkan beberapa persiapan seperti membawa beberapa barang dan yang lainnya. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa tips umroh yang perlu dipersiapkan sebelum keberangkatan:

1.     Di dalam beribadah umroh tentu saja memanjatkan doa – doa, biasanya sebagian besar orang yang memang belum terlalu hafal dengan doa – doa umroh membawa tutunan doa umroh. Karena biasanya membawa buku dianggap terlalu ribet, maka Anda bisa mendownload beberapa kumpulan doa umroh di internet dengan smartphone Anda karena sekarang ini zaman sudah semakin canggih, namun setelah mendownload kumpulan doa umroh tersebut jangan lupa smartphone dibawa.

2.     Setelah itu perlengkapan obat – obatan juga sangat perlu, mengingat cuaca di Mekkah berbeda dengan Indonesia yang mana sangat panas, sehingga nantinya bisa saja mengalami perubahan cuaca dan terserang flu, oleh karena itu obat – obatan perlu dibawa.

3.     Kemudian juga perlengkapan pendukung seperti bantal, selimut, kaca mata hitam, masker, pakaian, sandal, peralatan makan dan minum, perlengkapan mandi serta make up dan yang lainnya. Karena di sana nantinya Anda akan sangat membutuhkan peralatan tersebut.

4.     Kemudian yang sangat penting dan memang tidak bisa dilupakan serta wajib dibawa adalah pakaian mahrom untuk wanita dan ihram untuk pria. Hal tersebut sangat wajib karena untuk beribadah umroh maupun haji, semua orang wajib mengenakan busana tersebut. Namun Anda juga perlu memperhatikan bahwa untuk pakaian dalam tidak boleh yang berjahit dan juga harus sekali pakai, pada saat tawaf berlangsung.

5.     Kemudian uang juga sangat penting untuk dibawa, Anda bisa membawa uang cash sesuai dengan kebutuhan dan juga jangan lupa untuk menukarkan uang rupiah dengan mata uang real karena mata uang Mekkah adalah real, dan yang lain disimpan di ATM agar lebih aman.

Baca juga :

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Sekian informasi mengenai persyaratan umroh yang harus dipersiapkan semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi banyak orang jika ada yang perlu di tanyakan silahkan bisa hubungi nomor berikut ini :

Head Office:

ALIFAH TOUR
PT. Nurindo Wisata
Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4
Jl. Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat – INDONESIA
Telp: (021) 8859750/ 8859751

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

 

admin99

Write a Reply or Comment