Maret 27 2019 0Comment
Doa Doa Umroh

Beberapa Doa Doa Umroh Berdasarkan Tempat Yang Dikunjungi

Doa Doa Umroh – Ibadah umroh merupakan ibadah sunnah yang dilakukan umat islam. Hal tersebut sesuai dengan apa yang telah Rasulullah lakukan. Dalam prosesinya ada doa doa umroh yang dilafalkan, doa menjadi titian tangga bagi seorang hamba untuk lebih dekat kepada Tuhan mereka. Ada doa doa yang dilafalkan di tempat-tempat tertentu. Hal ini pun berlaku pada saat melakukan ibadah umroh.

Doa Doa Umroh

Terlebih saat berada di tanah suci, dimana lantunan doa langsung menuju arasy tertinggi. Doa doa umrah sangat penting untuk dipelajari sebelum melakukan ibadah sunnah ini ke tanah suci. Berikut beberapa doa doa umroh yang bersifat penting untuk dilafalkan berdasarkan tempat-tempat yang dikunjungi ;

1. Doa Yang Dilafalkan Saat Berada Di Miqot

Miqat adalah batasan yang telah ditetapkan saat melaksanakan ibadah haji maupun umrah. Saat jamaah memasuki wilayah ini maka wajib mengucapkan niat dan menggunakan ihram (pakaian khusus). Miqatuntuk negara Indonesia ataupun kebanyakan negera Asia berada di Jedaah atau ada pula yang mengatakan di Yalamlam.

Doa yang diucapkan saat berada di miqat adalah niat yaitu sebagai berikut :

Labbaika Alloohumma ‘umrotan, atau dalam bahasa Indonesia diartikan dengan “Ku sambut panggilan Mu Ya Allah untuk ber-umrah”

2. Doa Saat Ka’bah Telah Terlihat

Bangunan ka’bah menjadi bangunan icon penting dalam agama islam. Bukan sebagai tempat yang disembah, namun ka’bah memiliki arti sebagai petunjuk arah ibadah sholat. Ketika umrah, maka jamaah akan sampai di tanah suci dan melihat pusar kiblat tersebut.

Dalam kumpulan doa doa umroh, doa ketika melihat ka’bah adalah doa yang sebaiknya diucapkan. Dengan lafalan Allahumma zid haadzzal baita tasyriifan wa ta’zhiiman wa takriiman wa mahaabatan wa zid man syarrofahu wa karromahu mimman hajjahu awi’ tamarohu tasyriifan wa ta’zhiiman watakriiman wabirron

Artinya adalah “ya Allah tambahkanlah ke Baitullah ini kemuliaan. Keagungan. Keunggulan, dan kehebatan, tambahkan pula kepada orang yang memuliakan nya dari kalangan yang berhaji atau umroh, kehormatan, keagungan, kemuliaan dan kabaikan baginya”.

3. Doa Di Dekat Makam Nabi Ibrahim

Nabi ibrahim AS, sering disebutkan bersama-sama dengan Rasulullah SAW dalam sebuah doa. Seperti halnya dengan ditahiyat akhir saat sholat, ketika umroh pun ada doa khusus untuk nabi Ibrahim. Yaitu dilafalkan ketika melihat makam nabi Ibrahim AS, dengan doa sebagai berikut

Rabba ad’khilnii mudkhala shidqin wa akhrijnii mukhraja shidqin waaj’alliy min ladunka sulthaanan nashiiran, waquljaa alhaqqu wazza haaqu baathilu innalbaatila kaana zahuuqann.

3. Ketika Di Depan Ka’bah Dan Akan Memulai Thawaf

Dalam ibadah haji maupun umroh terdapat tata cara yang telah diajarkan untuk dilakukan oleh jamaah. Yang salah satunya adalah mengitari ka’bah atau yang sering disebut dengan thawaf.

Thawaf sendiri dilakukan berkali-kali, dimulai dari menghadapkan hajar aswad atau batu hitam. Bila sekitar ka’bah ramai dan tidak memungkinkan maka cukup menghadapkan muka saja dan mengucapkan Allahu akbar atau Allah maha besar. Dan diikuti dengan tujuh kali thawaf dengan doa yang lebih terperinci.

4. Doa Saat Berada Di Bukit Shafa

Ibadah umroh akan dilengkapi dengan rukun sa’i atau berlari kecil dari bukit shafa ke bukit marwah. Sebelum melakukan rukun tersebut maka jamaah mengucapkan doa sebagai berikut ini:

Bismillahirahmanirrahim, abda ubimaa bada Allahu bihi warasuuluh. Innasshafa wal marwata min sya’aaairillaah. Famanhajjal baita awi’tamarafa laa junaaha ‘alaihi anyathawwa fa bihimaa waman tathawwa ‘a khairan fa innalillaha syaakirun ‘aliimun.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Itulah beberapa doa doa umroh yang diucapkan sebagai rukun dalam umroh berdasarkan tempat yang sedang dilalui.  Banyak lagi da doa umroh lainnya sebagai pelengkap rukun ibadah umroh. Umroh merupakan salah satu jalur pendekatan yang dapat dilakukan hamba.

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment