Agustus 28 2018 0Comment
Info haji 2018

Info Haji 2018 Terkini

Info haji 2018 – Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima setelah syahadat, shalat, zakat dan puasa. Berbeda dengan keempat rukun Islam sebelumnya, ibadah rukun Islam yang kelima atau haji ini lebih besar pengorbanannya. Mulai dari berkorban waktu, harta, tenaga, bahkan kesehatan demi menunaikan panggilan Allah yang mulia ini. Di Indonesia sendiri, tak kurang dari 200 ribu jamaah haji yang berangkat ke tanah suci setiap tahunnya. Karena ibadah haji merupakan ibadah yang tak main-main maka anda butuh persiapan dan juga info haji 2018.

Info haji 2018

Info Haji 2018 Terbaru dan Terkini

Kementrian Agama yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan haji telah mengadakan beberapa inovasi pada musim haji tahun 2018 ini. Berikut ini adalah beberapa inovasi yang perlu anda ketahui untuk info haji 2018 :

  • Percepatan proses Imigrasi. Rekam biometrik dilakukan di asrama haji masing masing. Sehingga antrian imigrasi di bandara King Abdul Aziz yang biasanya lima jam berkurang menjadi satu jam saja.
  • QR code pada gelang jamaah haji. Gelang logam untuk jemaah haji yang telah  dilengkapi dengan QR Code dan tentunya berisi rekam data serta identitas jemaah secara lengkap. Rekam data bisa diakses melalui aplikasi haji pintar untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diharapkan.
  • Perbaikan layanan katering. Layanan katering ditambah menjadi 40 kali dibanding tahun sebelumnya yang hanya 25 kali. Pemerintah juga menyediakan bumbu masakan asli Indonesia untuk jamaah haji.
  • Tanda khusus pada paspor dan koper jamaah haji. Tanda khusus berupa warna yang berbeda sesuai dengan sektor atau wilayah hotel jamaah, sehingga mempermudah pengelompokan koper dan paspor jamaah haji.
  • Pengalihan kuota jamaah yang wafat pada ahli waris. Pada tahun sebelumnya, jika ada jamaah haji yang wafat kuota tidak bisa dialihkan. Sehingga uangnya akan ditarik oleh ahli waris dan jika ingin mendaftar maka ahli waris masuk ke dalam antrian baru.
  • Mempercepat penyiapan dokumen keberangkatan jamaah haji. Mulai tahun ini,pencetakan visa dilakukan oleh Kemenag RI sehingga prosesnya lebih cepat. Sedangkan tahun sebelumnya, Kemenag hanya menunggu visa diterbitkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta.
  • Tim Pertolongan Pertama pada Jamaah Haji (P3JH). Pemerintah juga membentuk sebuah tim yang siap dalam memberikan pertolongan pertama pada para  jemaah haji sehingga pelayanan ini untuk memastikan kesehatan pada puncak haji, utamanya pada hari pertama melontar jumrah.
  • Konsultan ibadah untuk setiap sektor. Tidak hanya di kantor mekkah konsultan ini di harapkan juga bisa bersinergi dengan tim pembimbing ibadah haji Indonesia (TPIHI) yang sudah ada di setiap kloter.

Berikut kami juga berikan beberapa tips agar jemaah haji tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah haji:

1. Kurangi aktivitas di udara terbuka

Kurangi aktivitas di udara terbuka

Umumnya para jamaah berusaha untuk melaksanakan salat arbain (sholat berjamah 40 waktu) di Masjid Nabawi dengan lengkap. Apabila terjadi udara yang sangat tinggi dan mengalami gejala dehidrasi sebaiknya anda jangan memaksakan diri.

2. Istirahat yang cukup setelah sampai di penginapan

Istirahat yang cukup setelah sampai di penginapan

Perjalanan yang begitu lama serta proses pembagian kamar terkadang sampai berlarut-larut dan seringkali membuat para seluruh jamaah mengalami kelelahan. Walaupun rasa bersyukur terkadang mengalahkan rasa lelah, namun tubuh tetap perlu istirahat.

Minum air putih yang cukup dan hindari minuman yang menggunakan kafein atau soda.

Minum air putih yang cukup

Cegahlah gejala dehidrasi dengan memperbanyak minum air mengingat suhu udara yang ada di sana sangat tinggi. Dengan tersedianya tempat penampungan minum di masjid, usahakan untuk tetap minum. Hindari pula minuman yang mengandung kafein atau soda karena dapat memperberat dehidrasi. Tanda bahwa kita harus tingkatkan konsumsi air adalah dengan melihat warna urin yang berwarna lebih keruh.

Makan makanan yang sehat dan seimbangkan dengan pola makan yang teratur

Makan makanan yang sehat
Perhatikan asupan makanan agar tepat waktu dengan gizi seimbang. Makanan yang disediakan untuk jamaah Indonesia biasanya telah disesuaikan dengan selera jemaah Indonesia, sehingga jangan sampai tidak ada asupan makanan sama sekali baik pada pagi, siang ataupun malam hari. Aktivitas ibadah dan perjalanan menuju masjid dapat menghabiskan energi sehingga perlu diimbangi dengan makan yang cukup. Asupan makanan juga harus dijaga dengan gizi yang seimbang karena apabila tidak baik maka dapat berdampak buruk pada daya tahan tubuh kita. Perhatikan pula agar makanan yang dikonsumsi itu bersih dan relatif baru agar tidak terjadi keracunan makanan.

Lakukan pemeriksaan rutin

jaga kesehatan

Hal berikut perlu dilakukan agar masalah kesehatan segera diatasi dan tidak berlarut. Perlu diperhatikan pula bahwa kontak sesama jamaah cukup dekat sehingga apabila seseorang mengalami flu dapat dengan mudah menular kepada orang lain. Oleh karenanya sesama jemaah dapat selalu mengingatkan apabila terdapat anggota kelompok yang sakit agar segera menghubungi petugas kesehatan dan siap memberikan pelayanan kesehatan.

Nurindo Wisata, Travel Haji dan Umroh Terpercaya

Jika anda memiliki niat untuk berhaji namun tak mau menunggu antrian terlalu lama hingga belasan tahun? Anda bisa mendaftar haji plus kepada PT Nurindo Wisata yang berkantor pusat di Bekasi. Nurindo Wisata telah berpengalaman mengantarkan jamaah haji dan umroh selama kurang lebih sepuluh tahun. Nurindo Wisata juga telah terdaftar dengan izin resmi Kemenag no 778 tahun 2017. Dengan motto ‘Mengantar Anda dengan Amanah ke Baitullah’ Nurindo Wisata telah memberangkatkan ribuan jamaah haji dan umroh ke tanah suci.

Berikut ini adalah ketentuan untuk haji plus di Nurindo Wisata : Haji plus khusus selama 26 hari, biaya deposit kuota haji US$ 4.500,-, estimasi keberangkatan kurang lebih lima tahun, pelunasan ditentukan setelah ada pengumuman keberangkatan dari Kemenag, kurang lebih selama delapan bulan sebelum keberangkatan, penginapan yang disediakan adalah Zam-Zam Tower Hotel selama di Makkah, Al Eiman Royal Hotel atau yang setaraf di Madinah, serta Maktab Armina untuk VIP haji khusus

Untuk mengatur biaya yang akan dikeluarkan, ada prosedur tersendiri dalam pelunasannnya.

Berikut Ulas Prosedur Pelunasan Biaya Haji 2018 Kemenag Sebagai Berikut :

1. Besar Biaya Jemaah Haji Reguler Setiap Embarkasi

Indonesia dengan mayoritas umat beragama muslim tentunya sangat ingin pergi ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji. Dengan letak kepulauan yang berbeda membuat pemerintah membagi wilayah tersebut menjadi beberapa embarkasi. Berdasarkan jaraknya tentunya setiap embarkasi mengeluarkan biaya yang berbeda pula. Berdasarkan Kepres tahun 2018 tentang BPIH, maka setiap jemaah diwajibkan membayar Rp 25 juta sebagai setoran awal ke rekening BPKH.

2. Pelunasan Tahap Kedua

Pada pelunasan tahap kedua ini diperuntukkan bagi jemaah dengan kriteria tertentu, seperti  mengalami kegagalan sistem pada pelunasan BPIH tahap ke satu, memiliki status berhaji yang telah berusia 18 tahun atau sudah menikah, bagi jemaah yang mengajukan penggabungan suami/istri atau anak kandung/orang tua yang terpisah salah satunya telah melunasi di tahap 1,  serta pengajuan lanjut usia minimal 75 tahun yang dapat disertai dengan 1 (satu) orang pendamping, dan cadangan yang berasal dari Jemaah haji yang berhak lunas tahun depan sebanyak 5%.

3. Prosedur Pelunasan BPIH Lanjutan

Adapun beberapa tahapan berikutnya yang harus dilakukan setelah tahap kedua yaitu melakukan pelunasan BPIH yang dapat dilakukan di BPS BPIH sesuai tempat mendaftar. Jika telah melakukan pelunasan jemaah haji harus melakukan pelunasan BPIH reguler sebesar kekurangan antara besaran BPIH reguler dengan jumlah setoran awal BPIH telah dilakukan. Caranya yakni  dengan menunjukkan bukti asli setoran awal BPIH lembar pertama pada petugas BPS BPIH terlebih dahulu.

4. Mendapat Surat Bukti Lunas

Bagi calon jemaah yang sudah melunasi BPIH reguler, nantinya akan mendapatkan bukti setoran lunas BPIH yang dicetak melalui  aplikasi Siskohat. Serta jemaah akan mendapat buku manasik haji, seragam batik, dan untuk pria mendapatkan kain ihram dan wanita mendapatkan mukenah. Bagi jemaah haji yang sudah  melakukan pelunasan, diwajibkan untuk melaporkan diri dengan membawa bukti pelunasan BPIH reguler ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota anda. Dari biaya haji 2018 kemenag yang sudah dibayar lunas tersebut itu tandanya anda sudah siap sebagai calon jamaah selanjutnya tinggal menunggu waktu pemberangkatan.

5. Menunggu Surat Diantarkan Ke Rumah

Perlu diketahui juga bahwa kini jemaah calon haji tidak perlu repot-repot datang ke Kemenag, untuk mengantarkan surat validasi pelunasan BPIH. Sebab sejak tahun ini surat pelunasan BPIH akan diantarkan langsung oleh pihak Bank. Biaya haji 2018 kemenag bisa dibilang standart dan tidak terlalu mahal den

Baca juga :

Lihatlah video menarik haji berikut ini :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk anda semoga informasi tersebut bermanfaat untuk banyak orang. Untuk lebih lengkapnya lagi mengenai info haji 2018 dan keberangkatan haji plus, anda bisa menghubungi Nurindo Wisata pada alamat kontak di bawah ini.

Head Office:

ALIFAH TOUR
PT. Nurindo Wisata
Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4
Jl. Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat – INDONESIA
Telp: (021) 8859750/ 8859751

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment