Maret 28 2019 0Comment
Keutamaan Ibadah Umroh

Ketahui Persiapan Dan Keutamaan Ibadah Umroh

Keutamaan Ibadah Umroh – Keutamaan ibadah umroh merupakan cara paling penting yang wajib diketahui oleh seluruh para jamaah sebelum menjalankan ibadah umroh ke tanah suci. Sebuah kewajiban bagi para umat Muslim dalam rukun Islam yang kelima adalah menunaikan ibadah haji namun diwajibkan bagi yang mampu.

Keutamaan Ibadah Umroh

Namun, semua orang pastinya paham bahwa dalam menunaikan ibadah haji, selain membutuhkan dana yang cukup banyak pun membutuhkan waktu tunggu yang cukup lama. Bahkan ibadah haji hanya dilakukan pada 8 sampai dengan 12 Dzulhijah. Banyak orang yang pada akhirnya memutuskan untuk menunaikan ibadah umroh karena tidak membutuhkan waktu yang lama.

Persiapan Ibadah Umroh

Sebelum memutuskan untuk menunaikan ibadah umroh, calon jamaah wajib untuk melakukan persiapan-persiapan yang matang. Baik membawa perlengkapan ibadah, perlengkapan pribadi, membawa makanan, obat-obatan, dan lain sebagainya. Semua itu harus dipersiapkan jauh hari sebelum menunaikan ibadah umroh.

Bahkan pengertian serta apa saja keutamaan ibadah umroh pun perlu diketahui oleh seluruh calon jamaah. Tujuannya agar para calon jamaah dapat memaknai ibadah umroh dengan sebenar-benarnya, serta dapat menjalankan ibadah dengan khusuk.

Umroh adalah ibadah yang dilakukan oleh umat Islam dan hukumnya adalah sunah. Untuk pelaksanaan ibadahnya memang hampir mirip dengan ibadah haji, namun ada beberapa perbedaan yang membedakan ibadah haji dengan ibadah umroh.

Perbedaan tersebut dapat dilihat dari keutamaan ibadah umroh dengan keutamaan dari ibadah haji. Meskipun umroh adalah sebuah ibadah sunah, akan tetapi umroh memiliki banyak keutamaan bahkan nilai positif bagi yang menjalankannya.

Apa Saja Keutamaan Dalam Ibadah Umroh?

Dikatakan bahwa ada banyak keuntungan bahkan keutamaan ibadah umroh yang akan dilakukan, maka inilah beberapa keutamaan yang bisa didapatkan:

1. Jihad Perempuan

Jihad adalah ibadah yang memiliki pahala yang cukup besar jika dilakukan. Bagi para wanita bisa berjihad dengan cara melaksanakan ibadah umroh ini.

2. Akan Dihapuskan Dosanya

Bagi seseorang yang melaksanakan ibadah umroh satu kali, kemudian di dalam beberapa tahun melakukan umroh lagi, maka seluruh dosa-dosanya akan diampuni dari umroh yang pertama sampai dengan umroh yang kedua. Bahkan bagi seseorang yang menjalankan ibadah umroh, maka Allah akan menjanjikan bagi siapa pun baik wanita maupun laki-laki yaitu surga.

3. Dijauhkan Dari Kemiskinan

Banyak orang yang dengan sengaja menunda ibadah umroh dengan alasan biaya yang dibutuhkan sangatlah banyak dan mahal. Banyak orang yang takut bahkan khawatir uang tabungan mereka akan habis. Padahal, ibadah umroh justru akan memberikan banyak pahala serta rezeki yang berlipat ganda dan tidak akan membuat siapa pun yang menjalankannya akan jatuh miskin.

4. Mendapat Ketenangan Hati

Keutamaan selanjutnya adalah mampu mendapatkan ketenangan hati. Siapa saja yang melaksanakan umroh bisa mendapatkan ketentraman hati.

5. Doa Yang Dikabulkan

Semua jamaah yang pergi umroh pasti memiliki banyak tujuan dan salah satunya adalah berdoa memohon ampun dan memohon segala keinginan-keinginan mereka. Karena Allah SWT menjanjikan barang siapa jamaah yang berdoa dengan khusyuk dan sungguh-sungguh maka akan dikabulkan segala doanya.

Umroh bisa dilakukan kapan saja bahkan di bulan-bulan Ramadhan. Dikatakan dalam hadist HR. Bukhari dan Muslim yang menyatakan jika ketika seseorang pergi umroh di bulan Ramadhan, maka pahalanya akan sama senilai dengan haji. Meskipun setara dengan haji, akan tetapi haji tetap tidak bisa digantikan dengan umroh.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Itulah sejumlah keutamaan ibadah umroh yang bisa diketahui oleh para calon jamaah yang akan berangkat umroh. Persiapkan diri dengan matang baik jasmani serta rohani untuk mendapatkan ibadah umroh yang berkualitas.

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment