Agustus 16 2018 0Comment
Kode nomor porsi haji

Informasi Seputar Kode Nomor Porsi Haji Dan Penjelasnya

Kode nomor porsi haji – Seiring dengan banyaknya penduduk Indonesia, tak heran jika pihak saudi arabia memberi tambahan kuota untuk calon jamaah haji Indonesia. Untuk tahun ini, jumlah kuota mengalami peningkatan hingga 4.100 orang. Sehingga, bagi anda yang berniat untuk berangkat haji tahun ini, alangkah baiknya segera mendaftarkan diri lebih awal. Hal ini bertujuan agar anda mendapat kode nomor porsi haji lebih cepat dan tidak perlu mengantri dalam waktu lama. Jika anda sudah mendaftar, maka cara untuk mengetahui nomor porsi, anda bisa mengeceknya secara online di website kementrian agama. Tapi, sebelum itu, banyak orang yang masih bingung dengan keberadaan kode nomor porsi itu. Oleh karena itu, anda bisa menyimak penjelasan seputar nomor porsi di penjelasan berikut ini.

Kode nomor porsi haji

Di Indonesia saat ini merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, jumlah calon jamaah haji pun bertambah di setiap tahunnya, sayangnya pemerintah arab Saudi hanya memberi kuota bagi jamaah haji Indonesia yaitu sebsar 250 ribu per tahunnya. Hingga dari tahun ke tahun kuota tersebut bukanlah suatu masalah hanya saja jumlah kuota jamaah haji asal Indonesia yang melampaui batas kuota. Namun semakin hari dengan bertambahnya jumlah penduduk, kesadaran dan kemampuan umat muslim di Indonesia jumlah jamaah haji pun makin bertambah banyak.

Apa Itu Nomor Porsi Haji?

Nomor porsi adalah nomor antrian ibadah haji yang di terbitkan oleh kementrian agama republic Indonesia, nomor porsi tersebut berisi perkiraan tanggal keberangkatan ibadah haji dalam kalender hijrah dan tahun masehi.

Nomor Porsi didapatkan setelah Anda melakukan pendaftaran sebagai calon jamaah haji. Sebelum Anda mendaftar, maka Anda tidak bisa mendapatkannya. Seperti yang kita ketahui jumlah antrian jamaah haji di Indonesia sangat banyak sekali, jadi alangkah baiknya jika melakukan pendaftaran lebih awal sehingga antrian akan menjadi lebih singkat dan cepat.

Cek Tanggal Keberangkatan Haji Melalui Nomor Porsi – Sekarang semakin mudah untuk melakukan pengecekan tanggal keberangkatan ibadah haji Anda. Melalui online yang di sediakan oleh kementrian republik Indonesia ini anda dapat melihat tanggal keberangkatan haji dengan mudah.

Untuk melakukan cek tanggal keberangkatan ibadah haji anda, anda dapat mengunjungi website kementrian agama dan masuk ke opsi perkiraan berangkat. Di website tersebut, masukkan Nomor Porsi Haji Anda. Setelah itu, perkiraan tanggal berangkat akan ditampilkan.

Catatan tambahan:

  1. Nomor Porsi terdiri dari 10 karakter angka.
  2. Nomor porsi yang telah di fapat setelah jamaah melakukan setoran awal biaya penyelanggaraan ibadah haji (BPIH) ke bank penerima setoran (BPS).
  3. Sebelum setoran di lakukan otomatis anda tidak bisa mendapatkan nomor porsi.
  4. Nomor porsi merupakan nomor antrian resmi yang di terbitkan oleh kementrian agama republik Indonesia karena dengan adanya nomor porsi ini berarti anda telah resmi terdaftar sebagai calon jamaah haji.
  5. Jika Anda mendaftar melalui bantuan travel ibadah haji, mintalah nomor porsi sebagai bukti pendaftaran.
  6. Pengecekan melalui nomor porsi menampilkan estimasi tanggal keberangkatan. Jadi, tanggal berangkat bisa berubah-ubah. Bisa jadi lebih cepat bisa juga lebih lama.
  7. Jika anda gagal dalam melakukan pengecekan, otomatis kemungkinan website kementrian agama sedang mngalami gangguan untuk itu tunggu beberapa waktu lagi dan coba lagi.

Dengan mengetahui informasi perkiraan keberangkatan haji sehingga anda bisa melakukan persiapan dengan begitu matang. Dengan itu anda dapat mempersiapkan berbagai hal mulai dari pelunasan biaya haji hingga perlengkapan yang harus di bawa nantinya yang berhubungan dengan ibadah haji.

Bagi anda yang sudah resmi menjadi calon jamaah haji, mungkin anda masih bingung cara mengetahui tanggal keberangkatan yang harus menggunakan nomor porsi itu. Sebenarnya kode nomor porsi itu bisa anda lihat di bukti setoran BPIH. Atau anda juga bisa meminta bantuan kepada travel haji tempat anda mendaftar haji untuk mendapatkan nomor porsi. Untuk lebih jelasnya.

Berikut Ini Informasi Detail Tentang Kode Nomor Porsi Haji :

1. Nomor Antrian Keberangkatan Haji

Perlu anda ketahui, bahwa kode nomor porsi haji ini merupakan nomor antrian keberangkatan haji anda. Waktu pendaftaran haji anda sangat mempengaruhi kode nomor porsi anda nantinya. Apalagi mengingat jumlah jamaah Indonesia sangat besar. Selain itu nomor porsi juga menjadi bukti bahwa anda adalah jamaah haji legal Indonesia yang terdaftar di kemenag.

2. Untuk Mengetahui Tanggal Keberangkatan Haji

Kode nomor porsi haji memiliki fungsi yang sangat penting. Karena nomor ini di gunakan saat melakukan pengecekan tanggal keberangkatan haji. Nomor porsi adalah nomor identitas haji yang dimiliki oleh setiap jamaah yang telah mendaftarkan diri. Anda bisa mengetahuinya di bukti setoran Biaya BPIH. Atau jika anda adalah jamaah haji plus, anda bisa meminta kepada travel haji tempat anda mendaftar.

3. Bukti Sebagai Jamaah Yang Terdaftar Di Kemenag

Anda bisa mendapatkan kode nomor porsi haji, jika anda telah mendaftarkan diri menjadi jamaah haji. Tak hanya itu, anda juga harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan kementrian agama. Mulai dari masalah keuangan, administrasi dan yang lainnya. Anda harus melengkapi semua berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran haji. Jika semuanya terpenuhi dan telah melakukan pembayaran, anda akan mendapatkan bukti setoran awal. Dimana di sana, juga tertera nomor porsi sebagai bukti bahwa anda sudah terdaftar menjadi calon jamaah haji di kementrian agama.

4. Mempermudah Jamaah Sebelum Keberangkatan Haji

Dengan adanya kode nomor porsi haji ini, anda bisa mulai mempersiapkan banyak hal untuk keberangkatan haji anda. Mulai dari persiapan fisik, persiapan biaya dan lainnya. Anda bisa mulai mempercepat pelunasan pembiayaan anda setelah mengetahui tanggal keberangkatan haji anda. Anda juga bisa mulai mengikuti manasik haji baik yang diselenggarakan pemerintah atau lembaga KBIH. Serta bisa mempersiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan selama di tanah suci dari awal.

5. Bukti Bahwa Anda Jamaah Haji Kuota

Kuota jamaah haji yang disediakan kemenag memang tidak berbanding dengan banyaknya jumlah jamaah yang mendaftar. Oleh karena itu, pastikan anda mendaftar lebih awal agar mendapatkan nomor porsi ini. Karena nomor porsi ini sebagai bukti bahwa anda adalah jamaah yang termasuk dalam kuota haji tersebut. Karena anda tidak akan mendapatkan nomor porsi jika tidak terdaftar dalam kuota.

Kami juga tampilkan beberapa langkah mudah untuk Anda agar dapat mengecek nomor porsi haji secara online dengan menggunakan website Kemenag.

  1. Pertama-tama buka situs resmi milik Kemenag di haji.kemenag.go.id
  2. Setelah masuk ke dalam website resmi Kemenag, di halaman awal Anda akan  menemukan halaman untuk mengecek nomor haji.
  3. Anda hanya perlu memasukkan kode porsi haji yang anda miliki, nomor porsi tersebut terdiri dari 10 angka, masukan secara benar lalu klik cari.
  4. Selanjutnya akan muncul data calon jamaah haji yang sesuai dengan nomor porsi yang telah dimasukan, dan akan muncul juga nama jamaah, nama kabupaten, provinsi hingga perkiraan dalam tahun hijriah dan tahun masehi.

Jikalau dalam proses pengecekan dengan menggunakan website resmi Kemenag, maka saat itu sedang terjadi permasalan pada website Kemenag. Anda disini dapat kembali melakukan pengecekan nomor porsi di hari yang lain dengan website yang sama.

Lihatlah video menarik tentang haji berikut ini :

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=nKndKqMKJGo]

Baca juga :

Demikian artikel tentang informasi seputar kode porsi haji, semoga bisa bermanfaat untuk para calon jamaah haji. kode porsi haji sangat bermanfaat untuk mengetahui beberapa informasi tentang jadwal pemberangkatan haji dan lainya sebagainya. Jika anda ingin mendaftar menjadi calon jamaah haji dan umroh , tapi bingung mau mendaftar dimana, kami lah pilihan yang tepat, langsung saja datang ke kantor kami atau hubungi kami, kami disini siap melayani anda dengan senag hati dan ramah tentunya dengan harga yang begitu murah. Berikut merupakan kontak yang dapat anda hubungi :

Head Office:

ALIFAH TOUR
PT. Nurindo Wisata
Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4
Jl. Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat – INDONESIA
Telp: (021) 8859750/ 8859751

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment