Agustus 17 2018 0Comment
Kuota haji indonesia

Kuota Haji Indonesia Terbesar No 1 Di Dunia Setiap Tahunnya

Kuota haji indonesia – Bagi umat Muslim di seluruh dunia, menunaikan rukun Islam kelima ini merupakan sebuah penyempurnaan ibadah. Sebuah kehormatan yang sangat baik jika umat Muslim mampu dan bisa menunaikan ibadah ke Tanah Suci. Namun bukan hanya harus menyiapkan finansial yang cukup, seringnya haji terkendala oleh berbagai regulasi berkenaan dengan aturan kenegaraan dengan berbagai persyaratannya. Indonesia sebagai negeri dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia tentu menjadi negara dengan kuota haji terbanyak di dunia.

Kuota haji indonesia

Memiliki populasi dengan negara muslim terbesar di dunia tentunya jelas para jamaah haji di Indonesia menjadi yang paling tinggi dibanding dengan negara yang lainnya. Tetapi dengan memiliki kuota haji terbanyak di bandingkan dengan negara lainnya harus membuat para jamaah haji di Indonesia mengantri cukup panjang. Antrian tersebut bukan hanya satu tahun atau dua tahun saja namun sampai-sampai bisa mencapai belasan tahun. Bahkan di beberapa daerah mencapai puluhan tahun. jika di Indonesia antrian haji smapai bertahun-tahun bisa saja bayi yang baru lahir juga sudah bisa di daftarkan haji.

10 Besar Kuota Haji Indonesia Di Dunia

Kuota untuk haji di seluruh dunia berbeda-beda sesuai dengan jumlah penduduk dan banyaknya warga yang hendak naik haji. Jika anda ingin tahu kuota untuk haji di dunia, berikut ini adalah daftar sepuluh besar negara dengan kuota haji terbesar di dunia :

  • Indonesia. Setiap tahun Indonesia mendapatkan kurang lebih 200.000 kuota haji bagi para warganya
  • Pakistan. Negeri muslim yang bertetangga dengan India ini menempati urutan kedua dengan jumlah kuota jamaah haji 179.200 per tahun
  • India. India menyusul Pakistan dengan kuota jamaah haji sebanyak 170.000 per tahunnya
  • Bangladesh. Urutan selanjutnya adalah Bangladesh dengan total 127.198 jamaah haji
  • Mesir. Negeri pyramid ini setiap tahunnya memberangkatkan sekitar 108.000 jamaah haji
  • Iran. Iran mengirimkan sekitar 86.500 jamaah haji per tahunnya
  • Nigeria. Negara dengan jumlah kuota haji terbanyak di Afrika ini memberangkatkan sekitar 79.000 jamaah hajinya
  • Turki. Turki menjadi negara eropa dengan kuota haji terbesar yaitu 79.000 per tahun
  • Al Jazair. Setiap tahunnya, Al Jazair memberangkatkan kurang lebih 36.000 warganya untuk pergi haji ke tanah suci
  • Maroko. Maroko menjadi negara kesepuluh dengan kuota terbesar sebanyak 31.000 jamaah
  • Kuota Haji Indonesia. Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak, kuota haji Indonesia sangatlah besar. Di tahun 2018 ini kuota haji Indonesia bertambah menjadi 211.000 jamaah haji dari tahun sebelumnya yang hanya 168.000 jamaah saja. Khusus tahun 2018 ini terdapat penambahan kuota 10.000 dari Raja Salman karena peristiwa robohnya Crane beberapa waktu lalu. Namun Kemenag mengupayakan agar kuota tambahan 10.000 jamaah tersebut dapat menjadi kuota permanen di tahun tahun berikutnya.

Sebagaimana dilansir dari Ilmfeed, kuota di atas merupakan kuota yang ditentukan pemerintah Arab Saudi untuk negara-negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak. Angka tersebut merupakan pertimbangan dengan perbandingan 1:1000 penduduk Muslim di negara tersebut. Untuk antrian jamaah haji di setiap negara berbeda-beda itu semua bergantung pada peminat haji di negara masing-masing.

Antrian Jamaah Haji Indonesia

Meskipun Indonesia mendapatkan kuota haji terbesar, namun antrian untuk berangkat haji tetaplah panjang. Bahkan mencapai 20 tahun lamanya. Tentu ini disebabkan oleh tingginya masyarakat yang ingin menunaikan panggilan Allah berhaji di tanah suci. Kuota haji Indonesia terbatas sedangkan peminatnya semakin bertambah setiap tahun. Bahkan di beberapa provinsi kuota haji telah penuh hingga tahun 2040-an

Tiga Jenis Ibadah Haji: Reguler, Khusus dan Non-Kuota

  1. Haji Reguler

Haji Reguler

Dibandingkan dua jenis haji lainnya, haji regular biayanya paling murah dan waktu di Arabnya paling lama, disamping tentu saja waktu tunggunya paling lama.

Jika di bandingkan dengan dua haji jenis lainnya haji regular ini di lihat dari biayanya terbilang paling murah, waktu di tanah sucinya juga paling lama dan untuk waktu tunggunya juga paling lama. Pemerintah sudah mengelola haji regular ini sejak tahun 1971 kemudian di masukkan kedalam system antrian haji yang di sebut dengan siskohat.

Cara menghitung kuota jamaah haji regular ini di hitung berdasarkan dengan jumlah penduduk muslim per kabupaten atau kota yang di dapat dari pembagian kuota nasional. Jadi antrian untuk satu kabupaten berbeda dengan kabupaten lainnya. Misalkan ada jamaah haji yang mendaftar haji dari kabupaten magelang dan kota magelang dalam waktu yang bersamaan dan mendapatkan nomor porsi masing-masing, bisa saja estimasi keberangkatannya bisa berbeda tahun tergantung antrian dan kuota di kabupaten atau kota yang berkesangkutan. Karena untuk kuotanya per kabupaten jadi jamaah haji hanya daopat mendaftar di kabupaten berdasarkan domisili di kartu tanda penduduk.

  1. Haji khusus

haji khusus

Haji khusus ini merupakan salah satu haji tuntunan perbaikan ekonomi yang merasakan tidak puas dengan pelayanan dengan haji regular. Untuk haji ini jika di wisata lain anda harus membayar lebih mahal untuk berliburan dan waktu yang tidak sebentar. semakin mahal. Paket haji khusus untuk 21 hari lebih murah dibandingkan dengan 14 hari (puncak ibadah haji hanya 5 hari).

Pelayanannya dua kali lipat diatas Jemaah haji regular, mengingat harganya yang juga sekitar dua kali lipat. Manasik Jemaah haji khusus tidak dilakukan di kantor-kantor Kemenag tetapi di hotel-hotel. Hotel juga menjadi transit sebelum berangkat, tidak di asrama haji.

Pendaftaran jamaah haji khusus ini di koordinir oleh kemnag dan pelayanan serta fasilitasnya di lakukan oleh travel-travel secara sendiri. Mengenai pelayanannya haji khusus ini ua kali lipat di atas jmaah haji regular, mengingat harga yang terlalu mahal dua kalilipat manasik jamaah

 Di tanah suci, Jemaah haji khusus juga mendapatkan hotel berbintang dengan makanan yang lebih enak dan lebih dekat dengan (kadang di depan persis) Majidil Haram dan Masjid Nabawi. Tenda-tenda tempat istirahat ketika wuquf juga lebih baik.

  1. Haji Khusus Non-Kuota

Diluar Haji Khusus yang dikoordinir pendaftarannya oleh Kementrian Agama yang dilakukan lewat system terpadu (Siskohat), masih ada travel yang mengkoordinir lagi Jemaah khusus mereka masing-masing. Jemaah haji yang menggunakan jalur ini sering didiskrimasi dengan sebutan haji non-kouta “haji sandal jepit”. Tidak jelas darimana asal penyebutan itu, tetapi tidak sesuai dengan pelayananan hotel bintang empat/lima yang diterimanya. Jemaah Haji Non-Kouta ini mengandalkan pada pemberian visa haji oleh KBSA yang jumlahnya tiap tahun dapat setara dengan haji khusus kuota.

Haji non-kuota di satu sisi merupakan sisa-sisa pengelolaan haji mandiri yang dilakukan individu dan kelompok agama sebelum diambil alih pemerintah dan disisi lain peluang bisnis travel haji. Pendeknya, sebelum ada Indonesia, banyak orang sudah berhaji. Mereka menggunakan berbagai macam jaringan, mulai afiliasi ulama, dagang, keluarga dls. Disini pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk menghilangkan haji non-kuota bertujuan agar semua jamaah haji berada dalam kontrol pemerintah. Dengan biaya yang sama jamaah haji non kuota ini bisa mendapatkan fasilitas yang lebih baik daripada haji khusus. Untuk travel-travel yang telah memiliki pengalaman tentunya mampu untuk melakukan efisiensi sehingga dapat memberikan pelayanan haji yang lebih baik lagi. . Efisiensi masih menjadi masalah pemerintah.

Lihatlah video menarik tentang haji berikut ini :

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=lSO_3GUDS1g]

Baca juga :

Nurindo Wisata, Penyelenggara Haji Plus Terpercaya

Apakah anda sudah menetapkan untuk berangkat memenuhi panggilan Allah ke tanah suci? Namun sayang rasanya jika harus menunggu belasan hingga puluhan tahun. Untuk itu Nurindo Wisata hadir menjawab kegelisahan anda. Nurindo Wisata adalah penyelenggara umroh dan haji plus yang telah berpengalaman selama sepuluh tahun memberangkatkankan jamaah. Salah satu kelebihan dari mempercayakan perjalanan haji bersama Nurindo Travel adalah anda hanya perlu mengantri kuota haji sekitar lima tahun saja. Tentu lebih efisien dibandingkan menunggu belasan tahun bukan?

Untuk anda yang masih belum mengenal Nurindo Travel, anda bisa mengunjungi websitenya di alifahnurindo.com. Dengan motto ‘Mengantar Anda dengan Amanah ke Baitullah’ Nurindo Wisata telah memberangkatkan ratusan jamaah umroh dan haji plus mulai tahun 2003. Nurindo Wisata telah mengantongi izin resmi dari Kemenag RI dengan No. 778 Tahun 2017. Untuk lebih lengkapnya anda bisa melihat website Nurindo Wisata. Bisa juga dengan datang ke kantor pusat di Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4 Jl. Ahmad Yani, Bekasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kuota haji indonesia semoga informasi tersebut dapat bermanfaat banyak untuk anda, untuk informasi lebih lanjutna anda dapat menghubungi kami segera. Berikut merupakan kontak yang dapat anda hubungi :

ALIFAH TOUR
PT. Nurindo Wisata
Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4
Jl. Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat – INDONESIA
Telp: (021) 8859750/ 8859751

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment