Maret 26 2019 0Comment
Manasik Haji dan Umroh

Pentingnya Ikut Manasik Haji dan Umroh Sebelum Keberangkatan

Manasik Haji dan Umroh – Jauhnya perjalanan ke tanah suci kadang menimbulkan kekhawatiran di benak para jama’ah. Hal tersebut tidak menjadi masalah bagi mereka yang sudah berpengalaman. Namun untuk yang baru pertama kali pastinya menimbulkan kegelisahan. Oleh sebab itu, kami memberikan bimbingan sebelum keberangkatan berupa manasik haji dan umroh.

Manasik Haji dan Umroh

Sesi manasik haji dan umroh wajib diikuti oleh seluruh calon jama’ah. Anda akan diberikan pengetahuan mengenai syarat, rukun, sunnah–sunnah, serta aktivitas lainnya selama di tanah suci. Beberapa hal lainnya yang akan Anda dapatkan selama sesi manasik adalah:

1. Mendapatkan Perlengkapan Ibadah

Bagi beberapa jama’ah, perlengkapan ibadah ada yang kami kirimkan langsung ke lokasi mereka. Namun sebagian ada pula yang ingin diambil saat melakukan manasik. Saat proses manasik akan kami jelaskan fungsi dan cara menggunakan perlengkapan–perlengkapan tersebut. Misalnya kain ihram bagi laki–laki. Pembimbing kami akan mengajarkan bagaimana cara memakainya sehingga Anda tidak akan kesulitan saat di tanah suci nanti.

2. Praktik Ibadah Langsung

Salah satu rangkaian manasik haji dan umroh adalah praktik ibadah. Para pembimbing kami akan menjelaskan secara detail setiap ibadah selama di tanah suci. Misalnya adalah bagaimana cara melakukan thawaf di Ka’bah sebanyak tujuh putaran. Ada juga penjelasan alur Sa’i di bukit Safa dan Marwah.

Tak hanya tata caranya, pembimbing kami akan memberitahu esensi dari ibadah-ibadah tersebut. Dari sini Anda dapat memaknai perjalanan haji dan umroh Anda. Harapannya saat di tanah suci nanti Anda tidak lagi kebingungan. Justru karena sudah paham, Anda akan merasakan kekhusyukan di sana.

3. Berkenalan dengan Calon Jama’ah Lainnya

Sesi manasik merupakan ajang silaturahmi. Kami menyelenggarakan acara ini agar para jama’ah saling mengenal satu sama lain. Kami ingin suasana kekeluargaan tercipta. Karena salah satu ibadah yang tidak akan terputus adalah jalinan silaturahmi sesama muslim. Dalam sesi ini pun akan diumumkan beberapa hal, seperti teman sekamar saat di hotel, anggota satu bus, dan lainnya.

4. Update Kondisi Terkini

Kegiatan manasik haji dan umroh tidak melulu aktivitas ibadah selama di tanah suci. Pembimbing kami akan memberikan update kondisi terkini di Mekkah dan Madinah. Ada penjelasan terkait hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan, regulasi pemerintah, kondisi lapangan, cuaca, dan lainnya. Setiap jama’ah penting mengetahui ini agar tidak melakukan kesalahan selama di sana.

5. Buku Panduan Ibadah

Buku panduan ibadah ini berisi tata cara ibadah selama haji dan umroh. Ini merupakan antisipasi kami. Khawatirnya beberapa orang lupa dari praktik yang sudah dilakukan saat manasik. Adapun isinya kami tambah dengan ibadah lainnya. Beberapa amalan dan do’a-do’a kami masukkan untuk memperbayak pahala selama di tanah suci.

6. Konsultasi Langsung

Terakhir, ini yang sangat disayangkan untuk dilewati. Usai acara manasik, Anda diberikan kebebasan untuk berkonsultasi langsung kepada pembimbing. Boleh seputar kondisi kesehatan Anda, perihal penginapan atau hotel, bahkan hal-hal kecil lainnya, seperti operator untuk berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia. Sesi ini bebas bagi setiap jama’ah. Kami benar-benar menginginkan para jama’ah dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin sejak di Indonesia.

Setiap periode keberangkatan memiliki jadwal manasiknya masing-masing. Apabila Anda tidak dapat mengikuti jadwal manasik haji dan umroh yang sudah ditentukan, konsultasikan hal ini kepada agen kami. Anda dapat mengikuti manasik di hari berbeda sebelum keberangkatan. Jika belum menemukan jadwal yang tepat, agen kami pun dapat memberikan solusi terbaik lainnya.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Semoga ibadah haji dan umroh Anda lancar, mulai dari persiapan hingga kembali ke tanah air. Mari raih kekhusyukan beribadah bersama kami!

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment