Maret 27 2019 0Comment
pengertian haji dan umroh

Pahami Pengertian Haji Dan Umroh, Serta Rukun Dan Syaratnya

Pengertian Haji Dan Umroh – Sebagai rukun Islam ke – 5, menunaikan ibadah haji merupakan impian setiap muslim. Bagaimana tidak, hal ini dibuktikan dengan antrian yang kian panjang setiap tahunnya. Bagi beberapa orang, umroh menjadi pilihan sebelum melaksanakan haji. Untuk berangkat umroh tak perlu mengantri dan biayanya relatif lebih murah. Sebelum menentukan apakah sebaiknya umroh dulu atau langsung ibadah haji, sebaiknya pahami dulu pengertian haji dan umroh.

Pengertian Haji Dan Umroh

Apa Itu Haji Dan Umroh?

Kedua ibadah ini, baik haji dan umroh, dilakukan di Mekkah dan Madinah. Namun ada perbedaan yang mendasar dalam pengertian haji dan umroh. Haji adalah mengunjungi Baitulloh untuk menunaikan ibadah sesuai syarat dan rukun tertentu, serta dilakukan pada waktu tertentu pula. Sedangkan, umroh merupakan perjalanan ziarah ke Baitulloh dengan syarat dan rukun tertentu, serta dilakukan di luar hari Arafah (Idul Adha) dan hari – hari Tasyrik.

Melihat pengertian haji dan umroh di atas, perbedaan yang paling mendasar adalah waktu pelaksanaannya. Periode haji hanya lah setahun sekali, kalau umroh bisa dilakukan kapan saja selain di waktu haji. Lebih lanjut mengenai perbedaan haji dan umroh, perhatikan rukun dan syarat dari masing-masing pelaksanaannya.

Rukun Dan Syarat Menjalankan Haji Dan Umroh

Sebelum membahas rukun serta syarat haji dan umroh, perlu dipahami dulu perbedaan antara rukun dan syarat. Rukun adalah serangkaian kegiatan yang menentukan ibadah kita sah atau tidak. Rukun sifatnya wajib dan harus dilakukan secara berkesinambungan. Adapun syarat adalah sejumlah hal yang harus dipenuhi untuk melakukan rukun. Jadi apabila syarat sudah sesuai, maka barulah mengerjakan rukun.

Rukun Dan Syarat Agar Sah Haji

Rukun dan syarat ini harus dipenuhi. Semuanya tidak dapat digantikan dengan membayar denda. Apabila kurang satu atau lebih, maka hajinya tidak sah. Berikut adalah rukun haji:

1. Ihram

Niat mengerjakan ibadah haji sambil mengenakan pakaian ihram. Pakaian ihram laki-laki adalah kain putih tak berjahit, sedangkan untuk wanita cukup pakaian warna putih bersih.

2. Wukuf Di Arafah

Pada pengertian haji dan umroh di atas telah disebutkan bahwa ibadah haji dilakukan pada waktu tertentu. Rukun ini merupakan singgah di Arafah pada 9 Zulhijah sejak tergelincir matahari hingga tanggal 10 Zulhijah saat terbit fajar.

3. Thawaf

Mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Arahnya berlawanan dengan jarum jam, dimulai dari Hajar Aswad dengan posisi Ka’bah di sebalah kiri. Orang yang mengerjakan thawaf harus suci dari hadas dan najis.

4. Sa’i

Berlari bolak-alik sebanyak 7 kali dimulai dari bukit Safa dan diakhiri di bukit Marwah

5. Tahalul

Mencukur rambut yang dilakukan setelah ibadah lempar jamrah. Rambut yang dipotong sedikitnya adalah 3 helai rambut.

6. Tertib

Tertib di sini maksudnya adalah berurutan melakukan sejumlah poin-poin di atas. Tidak terlewat atau melakukannya secara acak.

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk haji adalah beragama Islam, berakal sehat (tidak gila), sudah baligh, merdeka (bukan budak), serta mampu (dalam segala hal).

Rukun Dan Syarat Untuk Umroh

Secara rukun dan syarat, ibadah umroh tidak jauh berbeda dengan haji. Hanya saja pada saat umroh jama’ah tidak perlu wukuf di Arafah. Dengan demikian, pemahaman sederhana untuk pengertian haji dan umroh adalah ibadah wukufnya. Orang yang mengerjakan umroh tidak bermalam di Arafah. Cukup berniat umroh saat memakai pakaian ihram.

Begitu pun untuk syarat umroh, semuanya sama persis dengan syarat sah haji. Yaitu seorang jama’ah umroh harus lah beragama Islam, sehat (tidak gila), sudah baligh, merdeka (bukan budak), serta mampu (dalam segala hal). Bagi anak-anak yang sudah melaksanakan umroh dapat dikatakan sunnah karena belum baligh.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Satu hal yang perlu diingat adalah ibadah ke Baitulloh merupakan panggilan dari Allah SWT. Sangat disayangkan apabila ibadah ini tidak diiringi adanya rasa ikhlas. Semoga pembahasan terkait pengertian haji dan umroh di atas menambah keyakinan untuk segera berangkat ke tanah suci.

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment