Maret 26 2019 0Comment
Perkiraan Berangkat Haji

Cara Mengetahui Perkiraan Berangkat Haji Yang Mudah

Perkiraan Berangkat Haji – Melaksanakan haji merupakan rukun islam kelima bagi umat Islam. Berbeda dengan rukun islam lainnya, ibadah haji wajib dijalankan bagi yang mampu. Di Indonesia yang merupakan negara berpenduduk Muslim terbesar, para calon jamaah haji harus mengantri untuk berangkat ke Baitullah. Waktu menunggunya bisa jadi belasan atau puluhan tahun. Tentunya para calon jamaah haji sangat ingin mengetahui berapa lama kira-kira perkiraan berangkat haji sejak mendaftar. Berikut adalah informasi tentang cara mengetahui perkiraan berangkat haji:

Perkiraan Berangkat Haji

Cek Perkiraan Berangkat Haji Dengan Nomor Porsi

Para calon jamaah haji dapat mengetahui perkiraan berangkat haji dengan cara mengecek nomor porsi secara rutin. Nomor porsi adalah kumpulan 10 digit angka yang akan calon jamaah haji dapatkan saat mendaftar haji. Tepatnya, nomor porsi ini juga berlaku sebagai nomor antrian calon jamaah haji.

Usahakan calon jamaah haji rutin dalam mengecek nomor porsi ini. Hal ini dikarenakan Kemenag selalu mengupdate database sehingga perkiraan berangkat haji juga bisa jadi berubah. Perkiraan berangkat haji bisa berubah karena banyak hal seperti ada jamaah yang meninggal sebelum haji, pengurangan kuota, dan lain-lain. Waktu cek nomor porsi yang cocok adalah pada bulan januari.

Biasanya pada bulan januari, Kemenag sudah menyelesaikan tugas-tugas dalam pelayanan haji. Selain itu, bulan Januari dekat dengan waktu pelunasan BPIH.  Biasanya nomor porsi keberangkatan haji juga akan diupdate saat bulan januari.

Cara Mengecek Perkiraan Berangkat Haji Dengan Nomor Porsi

Mengetahui perkiraan berangkat haji itu sangat penting. Hal ini menjadi penting agar jamaah dapat  mempersiapkan segala hal secara maksimal sebelum berangkat haji. Hal-hal yang harus disiapkan adalah pelunasan BPIH, mempersiapkan diri dengan pemantapan ilmu tentang haji, juga persiapan secara materi. Dibawah ini adalah cara mengecek perkiraan berangkat dengan menggunakan nomor porsi:

1. Mendapat Nomor Porsi

Saat mendaftar, calon jamaah haji membayarkan uang sebesar 25 juta rupiah sebagai setoran awal haji. Uang tersebut bisa dibayar ke bank. Setelah membayar uang setoran awal tersebut, maka calon jamaah haji akan mendapatkan nomor porsi haji. Nomor porsi ini letaknya di bagian atas slip pembayaran. Simpanlah slip serta ingatlah nomor porsi karena nomor porsi ini harus di cek secara rutin.

2. Minta Bantuan Travel Haji Atau Tempat Mendaftar Haji

Apabila tidak kunjung mendapatkan nomor porsi, segera minta bantuan. Untuk jamaah haji plus, mintalah bantuan kepada travel haji plus yang merupakan tempat mendaftar haji. Petugas travel dapat membantu untuk memberi informasi terkait nomor porsi dan membantu hal-hal lainnya. Bagi  jamaah haji yang memiliki masalah tentang nomor porsi, hubungi pihak Kemenag.

3. Cek Nomor Porsi Di Website Kemenag

Setelah mendapat nomor, bukalah laman situs kemenag berikut https://haji.kemenag.go.id/v3/node/955358. Disitu terdapat sebuah kolom untuk memasukkan nomor porsi haji.  Tuliskan nomor porsi haji, kemudian klik tombol cari. Setelah itu akan ada informasi seperti nama calon jamaah, kabupaten atau kota, kuota porsi per provinsi,  serta posisi  nomor jamaah.

Di dalam laman tersebut juga akan menampilkan perkiraan berangkat sesuai kalender hijriyah dan masehi. Jangan lupa cek terus nomor porsi ini secara rutin, karena perkiraan berangkat juga dapat berubah-ubah. Biasanya calon jamaah haji juga mengalami error apabila mengecek nomor porsi di musim haji. Untuk mengantisipasi error, calon jamaah dapat mengecek nomor porsi di hari lain atau hubungi call centre Kemenag.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Demikian cara mengecek perkiraan keberangkatan haji yang dapat dipraktekkan oleh calon jamaah haji. Dengan mengetahui perkiraan keberangkatan, diharapkan calon jamaah dapat memaksimalkan persiapan fisik, materi juga mental saat beribadah. Persiapan yang bagus akan membuat proses ibadah menjadi lebih khusyuk dan tenang. nah jika anda ingin mendaftar haji maupun umroh maka anda dapat menghubungi kami melalui kontak di bawah ini :

Kantor Cabang Bogor : Hj. Latifah

Alamat : KP. Pangkalan Raya,RT. 002/002 Gg. Dahlia No.15, Desa Cibuluh, Bogor Utama 16164
No. Telp : 081586117740 / 087874790443
Jam Buka : Mon – Sat: 9:00 – 18:00

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment