Maret 28 2019 0Comment
perlengkapan ibadah haji

Perlengkapan Ibadah Haji yang Wajib Dibawa

Perlengkapan Ibadah Haji – Ibadah haji adalah sebuah perjalanan spiritual yang sangat istimewa bagi semua umat muslim di seluruh dunia. Untuk semua calon peserta jamaah haji yang sedang menunggu waktu keberangkatannya, hendaklah sebelumnya untuk menyiapkan barang dan perlengkapan ibadah haji terlebih dahulu. Agar saat perjalanan dan kegiatan ibadah haji di Arab Saudi, nantinya akan berjalan dengan maksimal dan lancar.

Perlengkapan Ibadah Haji

Terkadang, kegembiraan saat akan berangkat haji membuat calon jamaah lupa menyiapkan dan mengemasi barang-barang yang penting. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya jika membuat daftar perlengkapan barang yang wajib dibawa. Berikut ini akan dijelaskan perlengkapan ibadah haji yang wajib dibawa. Diantaranya yaitu :

1. Dokumen dan Tiket

Perlengkapan ibadah haji yang wajib untuk dibawa pertama adalah dokumen dan tiket keberangkatan. Paspor dan tiket merupakan perlengkapan utama yang harus dibawa calon jamaah haji. Usahakan sebelum berangkat, untuk selalu memeriksa kembali dokumen-dokumen tersebut. Kemudian, pastikan juga untuk membawa salinan visa dan paspor yang dimiliki. Dan terakhir, jangan sampai lupa untuk membawa kartu identitas calon jamaah haji.

2. Emergency Kit

Membawa perlengkapan-perlengkapan berupa emergency kit sangatlah penting. Sebab, dalam perjalanan haji disana cuaca dan iklimnya sangat berbeda dengan Indonesia. Untuk mengantisipasi ketika sakit, maka perlu membawa obat-obatan. Bawalah obat-obatan ringan atau obat khusus yang diresepkan dokter, apabila calon jamaah memiliki penyakit tertentu.

3. Buku Panduan, Alquran dan Buku Doa

Selanjutnya wajib membawa buku panduan, Al-qur’an, dan buku doa. Dengan membawa buku panduan haji, berguna agar bisa memudahkan jamaah saat beribadah haji di tanah suci. Selain itu, jangan lupa untuk membawa Al-qur’an dan buku panduan doa-doa, yang kecil seukuran saku. Sehingga, mudah dibawa-bawa saat sedang melakukan ibadah haji.

4. Pakaian/Ihram Ekstra

Siapkan dan bawalah pakaian/ Ihram Ekstra sekitar 2-3 set sebelum berangkat haji. Karena, perlengkapan tersebut akan sangat diperlukan nantinya selama perjalanan haji. Hal ini untuk mengantisipasi apabila disana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan darurat. Jadi, pastikan sebelumnya untuk membawa satu set pakaian ekstra untuk nantinya bisa dibawa kemana-mana.

5. Tas Perjalanan

Tas perjalanan merupakan perlengkapan ibadah haji yang wajib dibawa. Sebab, tas perjalanan akan sangat berguna saat jamaah haji berpergian ke Arafat, Mina, Muzdalifah dan Mekah. Kemudian, pastikan juga tas yang dibawa jamaah haji tidak terlalu besar. Bisa membawa tas berupa ransel atau tas selempang yang simpel. Namun, bagi jamaah haji yang kesulitan untuk membawa tas dapat membawa travel bag yang berukuran sedang.

6. Botol Air dan Makanan Ringan

Bawalah perlengkapan berupa botol air dan beberapa makanan ringan, agar tidak mudah merasa haus dan lapar. Mengingat cuaca dan iklim disana panas dan berbeda dengan Indonesia. Selain itu, jamaah haji juga bisa menyiapkan botol air ekstra untuk digunakan membawa air zam-zam yang ada di Tanah Suci.

7. Sajadah

Perlengkapan Ibadah haji berupa sajadah sangat diperlukan saat beribadah di tanah suci. Dengan membawa sajadah, jamaah haji akan selalu bisa melakukan sholat dimana saja. Selain itu, bisa juga untuk membawa siwak/miswak yang bisa digunakan selalu sebelum mengambil wudhu.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Nah, berikut diatas adalah beberapa penjelasan tentang perlengkapan ibadah haji yang wajib dibawa oleh calon jamaah haji. Perjalanan Ibadah haji tidak sekedar membutuhkan kesiapan mental, jasmani, serta bekal taqwa. Namun, sebelumnya juga perlu menyiapkan logistik dan perlengkapan-perlengkapan yang sudah disebutkan diatas. Hal ini, agar perjalanan dan semua kegiatan jamaah haji dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment