Agustus 01 2018 0Comment
Perlengkapan umroh

Perlengkapan Umroh Yang Harus Dipersiapkan Bagi Wanita

Perlengkapan umroh – Haji kecil, atau orang-orang sering menyebutnya dengan ibadah umroh. Ibadah umroh ini merupakan suatu ibadah yang tidak pernah surut peminatnya dari waktu ke waktu. Berbeda dengan ibadah haji, ibadah umroh ini dapat dilakukan setiap waktu di sepanjang tahunnya. Tidak seperti ibadah haji yang mempunyai waktu khusus. Mengingat bahwa cuaca dan suhu kota mekkah ini sangat panas pada siang hari dan sangat dingin pada malam hari. Maka dari itu para jamaah harus mempersiapkan segala perlengkapannya. Terlebih kaum wanita yang mempunyai perlengkapan sedikit lebih banyak dari kaum laki-laki. Nah penasaran kan apa saja perlengkapan umroh yang harus disiapkan oleh kaum wanita?

Perlengkapan umroh

Beberapa perlengkapan umroh yang harus dipersiapkan bagi wanita diantaranya sebagai berikut :

1. Pakaian Ihrom Dan Cadangannya

pakaian ihram

Perlengkapan umroh yang utama bagi wanita adalah pakaian ihrom dan cadangannya. Ya, pakaian ihrom ini merupakan pakaian yang tidak boleh terlewatkan oleh para jemaah. Adapun ketika kamu mempersiapkan pakaian ini, sebaiknya kamu tidak membawa satu stel saja. Melainkan juga harus mempersiapkan 3 atau 4 stel. Sehingga jika pakaian ihrommu kotor, kamu masih mempunyai cadangan untuk menggantinya. Hal ini dikarenakan ibadah umroh dilaksanakan sebanyak 9 atau 15 hari.

2. Pakaian Non Ihrom Sesuai Kebutuhan

pakaian non ihram

Kamu juga perlu mempersiapkan pakaian non ihrom. Pakaian tersebut bisa kamu gunakan setelah menyelesaikan aktivitas ibadah seperti saat istirahat dan tidur. Namun tentunya jangan membawa pakaian non ihrom ini terlalu banyak ya. Cukup seperlunya saja dan tidak membawa pakaian yang ketat. Kamu bisa membawa pakaian gamis untuk istirahat dan membawa pakaian tidur yang sopan untuk kamu kenakan saat tidur.

3. Membawa perlengkapan yang di perlukan

  • Bergo seragam dari travel
  • Gamis / rok atau kulot lebar (disarankan berwarna putih/lembut)
  • Mukena atasan
  • Sandal dan Tas plastik untuk sandal bila ada atau plastik kresek untuk membungkus sandal ke dalam masjid.
  • Pakaian tidur untuk di hotel, Anda dapat membawa kulot lebar dan tunik atau gamis.
  • Pakaian dalam secukupnya sesuai dengan hari yang Anda rencanakan dan bawa juga pembalut wanita secukupnya untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu anda mengalami haid sesudah ibadah umroh atau panty liners untuk mengurangi kelembaban. Simpan dengan baik di tempat perlengkapan umroh anda yang penting.
  • Kacamata dan masker muka.  Kacamata sudah pasti digunakan saat kita berada di luar untuk melindungi dari cahaya matahari, terlebih lagi saat acara ziarah kota yang biasanya mulai pagi hingga siang hari. Sedangkan masker muka juga diperlukan untuk menghindari terik matahari, debu (dimana saat ini kota Makkah sekitar Masjidil Haram sedang mengalami pembangunan perluasan) dan sangat menolong ketika di masjid kanan kiri kita sedang batuk-batuk.
  • Sweater/jaket terutama bila anda berumroh pada saat musim dingin, atau ketika sholat  di Masjid Nabawi yang menggunakan pendingin udara/AC namun Anda belum terbiasa.
  • Sajadah bawa yang tipis saja sebab seluruh areal masjid telah dilengkapi sajadah yang berapis, sajadah tipis tersebut juga dapat anda gunakan sebagai pelindung kepala dari cuaca apapun.

Kaos kaki tebal ini berguna jika anda tidak tahan dengan udara yang sangat dingin atau AC selama di hotel, masjid dapat anda gunakan di saat sa’i.

  • Charger handphone beserta colokannya
  • Kamera pocket dan baterai cadangan
  • Al Quran kecil dan sajadah kecil yang sangat berguna saat Anda tidak mendapatkan tempat shalat di dalam masjid dan hanya bisa di pelatarannya saja.

Meskipun di mekkah sangat panas sekali, namun di kota ini pada malam hari mempunyai cuaca yang sebaliknya yakni sangat dingin sekali. Maka dari itu, perlengkapan umroh bagi wanita yang selanjutnya yang harus kamu siapkan adalah membawa jaket dan kaos kaki. Tentunya barang tersebut dapat menghangatkan tubuhmu saat malam hari.

4. Perlengkapan Obat-Obatan

perlengkapan obat-obatan

Nah perlengkapan umroh yang selanjutnya yang jangan kamu lewatkan adalah perihal perlengkapan obat-obatan. Hal ini sangat penting sekali, apalagi jika kamu yang mempunyai riwayat penyakit khusus yang tidak sembarangan boleh memakan obat. Meskipun kamu tidak punya riwayat penyakit khusus pun sebaiknya membawa perlengkapan obat-obatan yang nantinya akan diperlukan. Jangan lupa juga untuk membawa vitamin agar kondisi tubuhmu tetap fit selama menjalankan ibadah umroh.

5. Perlengkapan Mandi Dan Kosmetik

perlengkapan mandi dan kosmetik

Perlengkapan umroh yang selanjutnya adalah perlengkapan mandi dan kosmetik. Tentunya membawanya seperlunya saja ya. Apalagi perihal kosmetik. Bawalah seperlunya saja terutama pelembab untuk kulit harus tetap dibawa untuk menjaga ph kulitmu tetap terjaga. contohnya (sabun, pasta gigi, sikat gigi, handuk, samphoo, minyak wangi)

Pelembab wajah

  •  Pelembab tubuh ini sangat menguntungkan anda dalam mengatasi suhu yang sangat panas.
  • Tabir Surya.
  • Pelembab bibir ini sangat membantu agar bibir anda tidak mengalami pecah-pecah
  • Bedak.
  • Face Pray, sangat berguna untuk menyegarkan kulit wajah Anda selama menunaikan ibadah Umroh

6. Kebutuhan Makanan Dan Minuman

kebutuhan makanan umroh

Kebanyakan makanan disana tidak sesuai dengan lidah kita. Maka tak ada salahnya juga jika kamu membawa makanan dan minuman dengan jumlah yang sekedarnya saja ya. sehingga beban bawaanmu tidak terlalu banyak.

7. Peralatan Ibadah

perlengkapan umroh

Adapun perlengkapan umroh yang terakhir yang harus kamu siapkan adalah peralatan ibadah yakni mukena. Kamu cukup membawa mukena dua saja. Jika kamu hanya membawa mukena satu saja ditakutkan mukena tersebut kotor atau terkena najis. Jadi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan pun pada mukenamu, kamu masih punya satu cadangan mukena yang lain. Nah, itulah beberapa perlengkapan umroh bagi kaum wanita yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengecek setiap barangnya ditakutkan ada barang-barang yang tertinggal.

8. Peralatan pendukung

Selain perlengkapan yang wajib untuk dibawa, ada beberapa perlengkapan yang fungsinya sangat membantu sekali saat Anda melaksanakan ibadah Haji dan Umroh. Berikut ini adalah listnya.

  • Bantal tiup ini untuk memudahkan anda saat tidur dan juga tidak terlalu memakan tempat
  • Payung lipat berfungsi untuk melindungi dari cuaca dan suhu yang sangat panas yang dapat membuat tubuh dehidrasi. Oleh karena itu membawa paying merupakan salah satu hal yang penting dalam melaksankan ibadah haji maupun umroh.
  • Kaos kaki wudhu,
  • Sarung tangan,
  • Kantong untuk batu,
  • Ransel kecil.

9. Dokumen dan Uang

dokumen dan uang

Perlengkapan umroh pria dan wanita yang terpenting lainnya yang harus dibawa adalah uang dan dokumen, misalnya passport, riyal, kartu atm, uang rupiah dan beberapa dokumen haji. Jangan sampai saat berada di tanah suci kebingungan, sebab dokumen selama di sana akan sangat penting.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=YLQkWnk9rnM]

Baca juga :

Anda harus membagi barang-barang tersebut ke dalam kelompok sesuai kebutuhan. Mana barang yang akan Anda gunakan saat perjalanan terutama bila pesawat Anda membutuhkan transit meski hanya beberapa jam, mana barang yang hanya Anda butuhkan pada saat tiba dan selama di Tanah Suci, dan mana barang yang hanya dibutuhkan saat pelaksanaan ibadah umroh di Tanah Suci. Dengan mengetahui pengelompokkan barang berdasarkan fungsi dan waktu penggunaan, maka Anda dapat menentukan berapa tas yang Anda butuhkan.

Untuk barang-barang yang Anda butuhkan selama perjalanan, masukkan ke dalamtravelling bag kecil atau ransel yang dapat dibawa masuk ke dalam pesawat. Bawa perlengkapan membersihkan diri seperti sabun muka, pasta gigi dan sikat, handuk kecil, pakaian dalam bila perlu secukupnya saja untuk berganti dan perlengkapan sholat ke dalam tas ransel atau travelling bag kecil tersebut. Paspor dan dompet dapat Anda letakkan di tas pinggang agar mudah pada saat pemeriksaan dan Anda tidak perlu membongkar isi tas ransel atau travelling bag Anda saat pemeriksaan di imigrasi. Bagi jamaah perempuan yang mungkin kurang nyaman memakai tas pinggang dapat membawasling bag atau tas cangklong yang berukuran tidak terlalu besar, cukup untuk tempat dompet dan paspor. Tidak perlu yang bagus atau mahal, asal cukup kuat dan aman seperti contoh di bawah ini. Sisa barang lainnya yang tidak Anda perlukan selama perjalanan, masukkan ke dalam koper dan akan masuk ke bagasi pesawat.

Demikian informasi yang kami sajikan tentang perlengakan umroh wanita yang cukup banyak. sebelum berangkat umroh.Bagi anda yang ingin berhaji dan umroh, kami Alifah tour / web kami di www.alfanurindo.com menyediakan berbagai paket yang menarik. kami siap membantu anda dengan senang hati. untuk informasi lebih jelasnya bisa hubungi kami langsung.

Head Office:

ALIFAH TOUR
PT. Nurindo Wisata
Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4
Jl. Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat – INDONESIA
Telp: (021) 8859750/ 8859751

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment