Maret 28 2019 0Comment
persiapan umroh 9 hari untuk wanita

Tips Persiapan Umroh 9 Hari Untuk Wanita

Persiapan Umroh 9 Hari Untuk Wanita – Ibadah Umroh adalah ibadah yang pastinya membutuhkan banyak hal. Selain menyiapkan tenaga dan kesehatan, amat penting pula menyiapkan barang-barang kebutuhan yang cukup.  Terkadang , barang yang dibawa para jamaah tidak cukup atau bahkan kelebihan. Hal ini biasa disebabkan karena kurangnya perencanaan maksimal saat mempersiapkan ibadah umrah. Biasanya yang mengalami kasus tersebut adalah jamaah wanita karena wanita memiliki banyak kebutuhan dibanding kaum pria. Berikut adalah pembahasan tentang persiapan umroh 9 hari untuk wanita secara rinci:

Tips Persiapan Umroh 9 Hari Untuk Wanita

Tips Persiapan Umroh 9 Hari Untuk Wanita

1. Pilih Pakaian Yang Nyaman

Hal yang perlu diperhatikan adalah iklim indonesia dan arab sangatlah berbeda. Iklim di Mekkah jauh lebih ekstrem, bisa jadi lebih panas atau bahkan lebih dingin. Maka dari itu, usahakan memilih pakaian yang nyaman untuk dibawa. Usahakan pula pakaian tersebut sesuai dengan norma dan ketentuan dalam umroh. Berikut adalah rekomendasi pakaian yang dapat dibawa :

  • Baju berbahan katun  (bila Mekkah sedang memasuki musim panas)
  • Lima-enam baju gamis atau set abaya
  • Baju hangat (rajut) apabila Mekkah sedang musim dingin

2. Siapkan Kerudung Yang Praktis

Jangan lupa siapkan kerudung yang nyaman dipakai juga mudah digunakan. Kerudung instant mungkin bisa menjadi pilihan daripada kerudung segi empat. Usahakan menyiapkan lima sampai enam kerudung yang  panjangnya menutupi dada. Dalaman kerudung bisa disesuaikan sesuai keinginan. Dengan memakai kerudung yang praktis digunakan, jamaah wanita akan lebih tenang dalam menjalani rangkaian ibadah umroh.

3. Jangan Lupakan Peralatan Beribadah

Seringkali kaum wanita bingung dengan perlengkapan lain seperti pakaian.  Karena hal ini, seringkali barang-barang untuk beribadah malah terlupakan untuk dibawa. Ingat bahwa tujuan utama pergi ke Baitullah adalah untuk beribadah dan memperdalam kualitas diri. Maka dari itu, pastikan  peralatan ibadah tidak tertinggal, seperti :

  • Al Quran
  • Buku doa dan Yasin
  • Mukena dan sajadah kecil
  • Botol kecil untuk menyimpan air zam-zam

4. Skincare Khusus Umroh

Pastinya para jamaah wanita bingung karena tidak boleh berhias saat beribadah. Namun, bukan berarti kesehatan kulit terlupakan. Menjaga kesehatan kulit saat beribadah umroh sangatlah penting karena kulit menghadapi cuaca yang ekstrim. Pastinya cuaca tersebut akan menimbulkan masalah kulit bila tidak dirawat. Meski tanpa make up, jamaah masih dapat merawat diri dengan membawa hal-hal berikut ini :

  • Pelembab (moisturizer) sesuai jenis kulit
  • Sunscreen atau Sunblock, pilih yang ber SPF tinggi dan sesuai dengan jenis kulit
  • Facial wash tanpa alkohol
  • lipbalm untuk mencegah bibir pecah-pecah
  • serum (bila perlu)

5. Tips Pemilihan Isi Tas

Dalam persiapan umroh 9 hari untuk wanita, hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Seringkali jamaah wanita sangat repot membawa isi tas karena kurang mengerti bagaimana memilihnya. Untuk membantu jamaah wanita dalam menata bawaan, bagi bawaan dalam tiga tas. Berikut adalah pembagiannya:

  • Tas ukuran kecil.  Isinya adalah paspor, tanda pengenal, dompet, handphone, kamera pocket, dan sandal.
  • Tas jinjing. Isinya adalah satu baju ihram dan pakaian dalam juga kaus tangan( untuk salat di pesawat). Jangan lupakan membawa  sepasang kaos kaki,  obat-obatan dan vitamin. Sediakan pula  plastik serta tisu basah dan kering.
  • Tas ukuran besar. Tas ukuran ini dapat di simpan dalam bagasi pesawat. Untuk isinya,  dapat berupa 2 sampai 3 buah baju tidur, 1 pasang jaket, perlengkapan mandi seperti sabun cair, sampo, sikat dan pasta gigi, perlengkapan perawatan seperti facial wash, lotion, moisturizer, handuk, pantyliner. Lain-lain (kaca mata hitam ataupun bening, sisir, peralatan gunting kuku)

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

itulah persiapan umroh 9 hari untuk wanita yang dapat dipraktikkan. Tentunya dengan mempersiapkan bawaan secara optimal jamaah akan lebih siap secara mental dan secara fisik. Semoga  artikel ini bermanfaat dan membantu kelancaran ibadah selama di Baitullah.

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment