Maret 28 2019 0Comment
Persyaratan Umroh

5 Dokumen Utama Persyaratan Umroh

Persyaratan Umroh – Selain fisik dan kemantapan hati, ada beberapa hal dahulu yang perlu di penuhi sebelum berangkat umroh. Beberapa persyaratan umroh harus bisa dipenuhi dahulu, terutama terkait dengan dokumen-dokumen. Baik dokumen yang digunakan untuk pergi ke luar negeri maupun dokumen utama untuk syarat umroh.

Persyaratan Umroh

Khusus untuk yang belum pernah melaksanakan umroh, informasi yang akan dijelaskan pada artikel ini akan bisa membantu. Disini akan dijelaskan tentang dokumen utama yang diperlukan untuk keperluan umroh. Nah, berikut ini adalah lima dokumen utama untuk persyaratan umroh :

1. Paspor Asli

Persyaratan umroh yang pertama adalah perlu menyiapkan paspor asli. Paspor ini memiliki tebal berisi 48 halaman. Isinya lengkap dengan nama calon peserta umroh yang terdiri dari tiga kata. Contohnya: Jodi Setiawan Kurniawan.

Apabila nama memiliki satu atau dua kata tetap isi kolom dengan tiga kata. Lalu, bisa menambahkan nama ayah atau saudara dibelakang nama tadi. Paspor asli ini harus bisa berlaku minimal sekitar 8 bulanan sebelum berangkat umroh.

2. Visa

Visa merupakan surat izin resmi untuk dapat memasuki negara lain. Dokumen ini berisi aturan, seperti waktu kunjungan dan jenis-jenis keperluan lainnya di luar negeri. Maka, sebelumnya untuk dapat berangkat umroh. Calon peserta umroh wajib memiliki visa terlebih dahulu.

Visa umroh, akan digunakan untuk bisa memasuki Tanah Suci dan agar bisa melakukan kegiatan-kegiatan ibadah umroh. Nah, untuk dapat memiliki visa pengajuannya dilakukan oleh biro perjalanan umroh. Biasanya dilakukan pada bulan shafar hingga bulan ramadhan. Sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk membuat visa, yaitu sekitar 75US dolar – 150US dolar.

3. Kartu Kuning Bebas Meningitis

Dokumen utama persyaratan umroh yang perlu dimiliki adalah kartu kuning bebas meningitis. Pemerintah negara Arab saudi sudah menetapkan, bahwa untuk semua calon peserta umroh dan haji sebelumnya harus melakukan imunisasi meningitis. Hal ini, agar semua jamaah umroh terhindar dari penyakit meningitis atau radang selaput otak.

Apabila calon peserta umroh sudah melakukan imunisasi, maka akan mendapatkan kartu kuning tersebut sebagai syarat untuk bisa mendapatkan visa. Suntik atau imunisasi meningitis ini harus dilakukan paling tidak 10 hari sebelum keberangkatan umroh. Biaya imunisasi ini sekitar Rp 200.000 per orang.

4. Surat Mahram

 Surat mahram merupakan persyaratan dokumen yang utama dan harus dipenuhi. Untuk Surat ini hanya harus dipenuhi oleh calon peserta umroh wanita yang berusia dibawah 45 tahun yang tidak didampingi suami maupun mahramnya. Sebab, pemerintah negara arab saudi sudah menetapkan, jika calon peserta umroh wanita harus ditemani oleh suami atau mahramnya ketika umroh.

Maka, apabila tidak ada keduanya wanita tersebut harus membuat surat keterangan mahram terlebih dahulu. Untuk cara mengurus surat keterangan ini, bisa langsung konsultasikan dengan jasa atau travel umroh yang digunakan.

5. Surat Nikah Asli

Dokumen persyaratan umroh yang terakhir adalah surah nikah asli. Surat ini khusus diperlukan, untuk pasangan suami-istri yang sudah resmi menikah dan berangkat umroh bersama-sama. Namun, persyaratannya usia istri harus dibawah umur 45 tahun. Selain itu, surat nikah akan sangat berguna di Arab Saudi. Hal ini agar memudahkan jamaah umroh melakukan kegiatan-kegiatan disana bersama suami.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Itulah 5 dokumen utama yang digunakan untuk persyaratan umroh. Sebelum berangkat umroh calon peserta umroh harus melengkapi dokumen-dokumen yang sudah disebutkan diatas. Kemudian selain ke lima dokumen utama tersebut, masih ada dokumen lain perlu dilengkapi. Dokumen- dokumen tersebut seperti KK, KTP, akte kelahiran, pas foto, ijazah.

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment