Maret 23 2019 0Comment
Rukun Haji Dan Umroh

Pelajari Rukun Haji Dan Umroh Agar Tidak Salah Menjalankan Ibadah Ini

Rukun Haji Dan Umroh – Rukun haji dan umroh ialah unsur paling penting yang harus menjadi pedoman wajib bagi semua orang yang akan menjalankan ibadah haji maupun umroh. Haji maupun umroh adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh kaum Muslim di seluruh dunia baik laki-laki maupun perempuan.

Rukun Haji Dan Umroh

Ibadah haji hukumnya wajib bagi umat Muslim yang mampu, sedangkan umroh hukumnya sunnah. Kedua ibadah ini pun memiliki perbedaan waktu, jika ibadah haji hanya dilakukan dalam bulan Dzulhijjah saja sedangkan ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja. Sebelum menjalankan ibadah umroh maupun haji semua jamaah diwajibkan mengetahui rukun haji dan umroh.

Rukun Haji

Rukun haji dan umroh sebenarnya tidaklah sama, ada beberapa tahapan yang membedakan antara rukun haji dan rukun umroh. Maka di bawah ini akan dijelaskan mengenai rukun haji agar tidak salah dalam melakukan ibadah haji. Beberapa rukun tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Niat

Seluruh jamaah wajib untuk mengucapkan niat sebelum melaksanakan ibadah. Niat yang diucapkan saat beribadah haji ini boleh dilakukan dengan membacanya secara langsung maupun dalam hati. Ucapkan niat beribadah dengan sungguh-sungguh dengan mengharap pahala dari Allah SWT.

2. Wukuf

Wukuf pada ibadah haji dilakukan dari waktu dzuhur 9 dzulhijjah sampai subuh 10 dzulhijjah. Untuk Wukuf ibadah haji ini dilakukan di Bukit Arafah.

3. Thawaf

Setelah melaksanakan wukuf, selanjutnya jamaah diharapkan untuk melakukan Thawaf yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali.

4. Sa’i

Rukun haji berikutnya adalah Sa’i. Sai adalah berlari kecil yang dilakukan dari Bukit Sofa ke Bukit Marwah. Baik ibadah umroh maupun haji sama-sama harus melakukan sa’i.

5. Tahallul

Tahalul ini adalah bercukur, untuk pria mereka diharuskan untuk memotong rambut kepalanya. Sedangkan bagi wanita setidaknya menggunting 3 helai rambut saja.

6. Tertib

Tertib yang dimaksud adalah mengerjakan seluruh ibadah sesuai dengan rukun yang sudah ditentukan dengan berurutan. Usahakan para jamaah menaati seluruh urutan ibadah yang sudah ditentukan sesuai rukunnya masing-masing.

Rukun Umroh

Akan ada beberapa tahapan pada rukun haji yang tidak perlu dilakukan pada rukun umroh. Para jamaah harus memahami perbedaan rukun tersebut. Penjelasan mengenai rukun umroh adalah sebagai berikut:

1. Niat

Sama seperti ibadah haji dalam melakukan ibadah umroh pun akan dimulai dengan membacakan sebuah niat. Niat yang diucapkan diperbolehkan secara langsung melalui bibir atau hanya diucapkan dalam hati saja.

2. Thawaf

Kemudian para jamaah diharuskan untuk melakukan thawaf. Thawaf adalah perjalanan yang dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali putaran. Pada putaran pertama sampai ketiga jamaah bisa berlari kecil sedangkan di putaran keempat hingga 7 diperbolehkan untuk berjalan biasa.

3. Sa’i

Selanjutnya seluruh jamaah harus melakukan sa’i. Sa’i ini adalah jalan yang dilakukan dari Bukit Shafa dan Marwah, seluruh jamaah wajib berjalan sampai dengan 7 kali.

4. Tahallul

Setelah selesai dalam melaksanakan rukun umroh di atas seluruh jamaah diwajibkan untuk memotong rambut, untuk wanita diperbolehkan untuk memotong 3 helai rambut saja.

5. Tertib

Dalam beribadah usahakan untuk beribadah dengan khusyuk. Rukun haji dan umroh sama-sama harus dilakukan dengan tertib dan urut jangan sampai ada rukun yang terlewat.

Lihatlah video menarik umroh berikut ini :

Kedua ibadah di atas bisa dilakukan oleh siapa saja baik pergi umroh maupun haji. Perlu diingatkan kembali bahwa dalam melaksanakan kedua ibadah tersebut harus sesuai dengan rukun haji dan umroh yang sudah ditentukan. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai wawasan untuk menambah pengetahuan sebelum berangkat ibadah umroh maupun haji.

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment