Maret 22 2019 0Comment
tentang haji dan umroh

Mengupas Tuntas Tentang Haji dan Umroh

Tentang Haji dan Umroh – Haji dan umroh merupakan istilah yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia, khususnya agama Islam. Ibadah ini merupakan impian bagi semua pemeluk agama Islam, karena banyak sekali persiapan yang harus dipersiapkan antara lain biaya dan fisik. Artikel ini akan mengupas tuntas tentang haji dan umroh.

Tentang Haji dan Umroh

Pengertian Haji dan Umroh

Haji secara bahasa artinya al qasdu (niat). Sedangkan menurut istilah berarti niat menuju baitul haram dengan amalan-amalan khusus yang telah ditentukan. Adapun umroh secara bahasa memiliki arti berkunjung atau ziarah. Sedangkan umroh secara istilah artinya berkunjung ke ka’bah untuk melaksanakan ibadah dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Syarat Haji dan Umroh

Syarat haji dan umroh sama yaitu Islam, berakal sehat (aqil), baligh, merdeka dan berkemampuan. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

Islam

ibadah haji merupakan salah satu dari rukun islam. Jadi, tidak sah dan haram apabila dikerjakan oleh orang kafir begitupun umroh.

Berakal Sehat

Berakal sehat adalah tidak gila dengan syarat faham tentang ajaran haji dan umroh beserta sunnahnya.

Baligh

Baligh yaitu seseorang yang sudah dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Jadi, haji dan umroh tidak sah jika dilakukan oleh orang yang belum baligh seperti anak kecil dll.

Merdeka

Merdeka berarti tidak berstatus sebagai budak, karena tidak diwajibkan haji maupun umroh bagi seorang budak.

Berkemampuan

Berkemampuan disini meliputi banyak aspek seperti jasmani, rohani serta materi. Contohnya seorang yang sedang sakit berarti belum memenuhi syarat ini.

Rukun Haji dan umroh

Rukun haji dan umroh pada dasarnya sama, hanya saja dalam umroh tidak terdapat mabit, melempar jumroh dan wukuf. Berikut penjelasan mengenai rukun haji dan umroh :

Ihram

Ihram yaitu niat melaksanakan haji atau umroh dari miqat, disertai dengan memakai baju ihram. Pakaian ihram untuk laki-laki berupa kain putih yang tidak berjahit berfungsi untuk menutup aurat dan atasan. Sedangkan bagi perempuan memakai pakaian seperti biasa yang menutup aurat kecuali wajah dan kedua telapak tangan.

Wukuf

Wukuf adalah mengunjungi padang arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Adapun tujuan wukuf yaitu untuk mengingat ibu Hawa dan Nabi Adam yang diturunkan ke bumi karena ingkar kepada Allah dan menuruti rayuan setan. Mereka dipisahkan didunia selama 40 tahun dan bertemu kembali di padang arafah.

Thawaf

Thawaf adalah kegiatan mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali dengan arah berlawanan dengan arah jarum jam. Pada putaran ke tiga pertama dianjurkan untuk lari-lari kecil dan dilanjutkan dengan berjalan biasa. Hajar aswad adalah tempat memulai serta tempat berakhirnya thawaf . Pada setiap akhir putaran tawaf membaca doa “Rabbana atina fiddunya hasanah, wafil akhirati hasanah waqina adzabannar”.

Sa’i

Sai adalah berjalan kaki sebanyak tujuh kali bolak balik berawal dari bukit safa dan berakhir di bukit marwah. Kaum laki-laki disunnahkan untuk lari-lari kecil. Sedangkan kaum perempuan cukup berjalan dengan cepat. Adapun cara menghitung sai yaitu dari bukit safa ke bukit marwah dihitung satu kali begitu sebaliknya.

Tahallul

Tahallul artinya dihalalkan, maksudnya yaitu jamaah haji atau umroh diperbolehkan dari pantangan ihram. Ibadah ini dilakukan dengan cara mencukur semua atau sebagian rambut kepala bagi kaum adam. Sedangkan untuk kaum hawa hanya mencukur sebagian rambutnya saja.

Tertib

Tertib adalah melakukan semua rukun-rukun umroh maupun haji secara berurutan, yaitu dimulai dari yang pertama sampai terakhir. Jadi, tidak boleh mendahulukan yang seharusnya terakhir dan mengakhirkan yang seharusnya dahulu meskipun dengan alasan tertentu. Jika pelaksanaan rukun haji maupun umroh tidak tertib maka tidak sah.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Itu adalah sedikit penjelasan tentang haji dan umroh meliputi pengertian, syarat dan rukun. Rukun haji  dan umroh harus dilakukan semua dan sesuai urutan, karena jika tidak maka haji maupun umroh tidak sah.

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment