Agustus 15 2018 0Comment
Travel umroh bermasalah

Inilah 5 Ciri-Ciri Travel Umroh Bermasalah Yang Harus Di Ketahui

Travel umroh bermasalah – Akhir akhir ini, memang telah banyak beredar travel umroh yang menawarkan paket harga murah bagi anda yang ingin menunaikan ibadah umroh. Tentu saja ini merupakan penawaran yang sangat menggiurkan. Apalagi dengan iming iming fasilitas lengkap yang bisa menjamin kenyamanan perjalanan anda. Hal ini menjadi nilai lebih tersendiri bagi para calon jamaah. Namun, anda perlu selektif dalam memilih. Karena banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan peluang ini untuk mengincar keuntungan pribadi. Akhir akhir ini, kasus travel umroh bermasalah telah beredar di berbagai media. Akibatnya calon jamaah tidak jadi berangkat dan uang mereka pun hilang karena dibawa kabur oleh pihak yang bersangkutan. Oleh karena itu, kenali terlebih dahulu ciri ciri travel umroh yang bermasalah. Tidak lain agar keinginan anda untuk pergi ke tanah suci bisa terwujud.

Travel umroh bermasalah

Maraknya kasus travel umroh bermasalah memang sangat meresahkan masyarakat. Dampaknya, banyak dari mereka yang mengurungkan niat untuk pergi ke tanah suci. Dikarenakan trauma dan takut mengalami hal yang serupa. Oleh sebab itu, sebelum memilih travel umroh, kenali terlebih dahulu seluk beluk dari sistem kerjanya. Jika telah menunjukkan tanda tanda bermasalah, maka anda harus menjauhinya.

Sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia tentunya membuat Indonesia menjadi salah satu pengirim warga ke tanah suci terbanyak baik itu ibadah umroh maupun ibadah haji. Ibadah umroh dan haji ini tidak hanya menyiapkan biaya namun juga harus menyiapkan mental fisik dan salah satu cara untuk keberangkatan ke tanah suci adalah melalui biro travel baik anda yang ingin beribadah haji maupun beribadah umroh.

Sampai sekarang ini biro perjalanan umroh di Indonesia semakin banyak baik dari pemerintah maupun swasta, karena berhubung musim umroh lebih panjang jika dibandingkan dengan musim haji membuat banyak biro travel yang saling bersaingan di peluang bisnis ini, untuk paket sendiri setiap biro perjalanan umroh memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dengan fasilitas apa yang di berikan seperti halnya penginapan, pesawat, dan kebutuhan yang lainnya. Otomatis dengan animo masyarakat Indonesia yang melakukan ibadah haji maupun umroh membuat bisnis ini akan potensial terjadi pelaku kejahatan. Karena bisa-bisa banyak orang yang tidak bertanggungjawab setelah melakukan suatu pekerjaan yang berhubungan denga ibadah haji maupun umroh ini.

Ciri – Ciri Travel Umroh Bermasalah Sebagai Berikut :

  1. Tidak Memiliki Izin Resmi Dari kementrian Agama

Ciri ciri utama dari travel umroh bermasalah adalah tidak memiliki izin operasional dari kemenag untuk menjalankan biro jasa umroh.  Oleh karena itu, anda perlu mengetahui informasi detail dengan pihak travel umroh yang akan anda tuju. Apakah benar benar memiliki izin resmi ataukah tidak. Jika tidak, maka kemungkinan besar mereka menjalankannya dengan jalan illegal. Dan uang jamaah dimasukkan ke dalam rekening pribadi. Tanpa ada laporan ke kementerian agama.

  1. Penawaran Harga yang Sangat Murah

Paket murah yang ditawarkan oleh travel umroh memang menarik perhatian para calon jamaah. Namun, anda perlu mengetahui batas minimal harga yang normal menurut kemenag. Adapun harga murah yang aman adalah diatas 20 juta. Hal ini bukan berarti harga dibawah 20 juta tergolong bermasalah.  Pastinya, yang bisa memicu masalah adalah harga dengan kisaran 16 sampai 18 juta. Anda perlu hati hati dan jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan travel umroh.

  1. Masuk Daftar Hitam Kemenag

Sebelum anda memutuskan memilih travel umroh yang sesuai dengan keinginan anda, pastikan travel tersebut tidak masuk dalam daftar hitam kemenag. Untuk mengeceknya, anda bisa kunjungi website kemenag.go.id. jika agen travel umroh tersebut masuk dalam daftar hitam, berarti agen tersebut bermasalah. Atau pernah mengalami kasus di tahun sebelumnya. Adanya daftar hitam ini untuk memberi informasi bagi calon jamaah sehingga terhindar dari penipuan.

  1. Permintaan Pelunasan Cepat

Jangka waktu pelunasan yang normal untuk para calon jamaah adalah 45-30 hari sebelum keberangkatan. Karena dalam rentang waktu itu, perusahaan harus melunasi semua biaya akomodasi dan perjalanan calon jamaah. Sehingga jika travel umroh meminta pelunasan lebih cepat, sedangkan jadwal keberangkatan anda belum dipastikan, maka anda perlu mempertanyakannya. Karena ini adalah tanda tanda yang menunjukkan bahwa travel umroh tersebut bermasalah.

  1. Adanya tambahan Diskon Dengan Skema MLM

Skema MLM menjadi sistem yang dijalankan oleh travel umroh dengan menerapkan paket murah dan keuntungan berlipat lipat. Cara kerjanya, para jamaah yang mendaftar diminta mencari calon anggota dengan tambahan diskon jika berhasil mendapatkannya. Tentu saja ini tampak sangat menguntungkan. Padahal separuh  uang pendaftaran jamaah di gunakan oleh pengelola pribadi. Dan separuh lainnya digunakan untuk membayar keberangkatan jamaah sebelumnya. Oleh karena itu, perhatikan dengan benar sistem kerja yang dijalankan oleh travel umroh anda.

  1. Tidak Ada Kantor/Lokasi Palsu

Ketika Anda mendapatkan penawaran paket umrah dari suatu perusahaan atau brosur iklan yang menurut Anda menarik, lebih dahulu cek apakah ada tempat atau kantor dari perusahaan tersebut. Cek juga apakah alamatnya memang sesuai dan bangunan tersebut benar-benar milik perusahaan tersebut lengkap dengan surat izinnya. Jangan sampai Anda begitu saja memberikan uang kepada perusahaan yang tidak jelas yang bahkan tidak memiliki sebuah gedung atau kantor resmi. Walaupun saat ini Anda bisa melakukan pendaftaran melalui jalur online, namun alangkah baiknya Anda juga melakukan cek ulang di kantor resmi dari biro perjalanan umrah yang Anda pilih. Sebaiknya juga hindari pembayaran yang dilakukan melalui jalur transfer.

Disini kami juga akan memberikan tips memilih biro perjalanan umroh supaya anda nyaman dana man anntinya :

Jika Anda ingin mencari biro perjalanan umrah yang baik dan kredibel. Kami akan memberikan beberapa tips untuk menemukan biro paket umrah yang baik dan kredibel yang bisa Anda pilih.

  • Selalu cek langsung ke kantor biro perjalanan dan cek juga apakah perusahaan mereka sudah terdaftar serta memiliki izin resmi atau tidak.
  • Cek di internet mengenai situs atau website kepunyaan mereka dan juga lihat review mengenai pelayanan serta baik dan buruk dari perusahaan jasa tersebut.
  • Jika yang menawarkan adalah ustad atau pemuka agama, cek apakah orang tersebut sudah berpengalaman atau tidak. Tidak jarang ada calon jamaah yang tertipu bersama-sama dengan ustad atau pemuka agama yang juga mengajak Anda.
  • Hati-hati jika Anda ditawari harga yang sangat murah atau paket dengan biaya yang kecil. Rata-rata biaya perjalanan umrah secara umum untuk saat ini adalah sekitar $1600 keatas. Dan bisa lebih mahal lagi jika Anda mengambil paket kelas satu baik untuk pesawat, hotel dan kebutuhan selama di sana.
  • Ketika sudah dekat waktu keberangkatan, pastikan Anda sudah mengetahui kode booking pesawat dua minggu sebelumnya. Persiapkan segala urusan seperti paspor, dan lain-lain.
  • Minta dan selalu berdoa kepada Allah agar dilancarkan segala urusan dan dimudahkan untuk bisa melakukan ibadah umrah ataupun haji dan kembali ke indonesia dengan selamat dan mendapatkan pahala.

Lihatlah video menarik tentang umroh berikut ini :

Baca juga :

Itulah ulasan tentang ciri – ciri travel umroh yang bermasalah, semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda semua. Sebaiknya kami sarankan untuk lebih detail saat memilih travel umroh. Dalam situasi saat ini kami memberikan solusi untuk anda yang ingin berangkat ibadah umroh dan haji memalalui biro jasa travel kami yang berlisensi dan diakui oleh pemerintah, dan kami adalah ALIFAH TOUR yang menyediakan paket umroh dan haji yang dijamin aman dan diakui oleh pemerintah. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang kami silakan datang ke kami atau bisa hubungi kami karena disini kami siap melayani anda dengan senang hati. Berikut merupakan kontak yang dapat anda hubungi :

Head Office:

ALIFAH TOUR
PT. Nurindo Wisata
Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4
Jl. Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat – INDONESIA
Telp: (021) 8859750/ 8859751

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment