Agustus 11 2018 0Comment
Umroh berapa hari

Umroh Berapa Hari dan Apa Saja Yang Dilakukan? Ini Dia Penjelasannya!

Umroh berapa hari – Pertanyaan yang sering kali di ucap banyak orang yang akan melaksanakan ibadah umroh “ Umroh Berapa Hari Ya Sebenarnya ?” Apalagi bagi orang yang baru pertama kali mau melakukan ibadah umroh. Jawaban bagi anda yang menanyakan “ Umroh berapa hari ya sebenarnya ?” jawaban masa pelaksanaan ibadah umroh yaitu sebenarnya ibadah umroh bisa dilakukan dalam waktu satu hari saja, karena ibadah umroh hanya dilakukan di satu tempat yaitu Masjidil haram-mekah . Namun selain satu hari di Masjidil haram itu, kita juga akan melakukan kegiatan lainnya seperti berikut :

Umroh berapa hari

Berkaitan dengan jangka waktu pelaksanaan umroh itu berapa hari, ada beberapa hal yang menentukan durasi pelaksanaan umroh, misalnya jumlah peserta umroh, paket perjalanan yang ditawarkan biro travel, serta anggaran yang dimiliki para jemaah. Sebenarnya, umroh sendiri dapat diselesaikan hanya dalam satu hari. Lantas, mengapa umumnya perjalanan umroh memakan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu?

Perjalanan dari Jakarta ke Jeddah sendiri dapat ditempuh kurang lebih selama sembilan jam. Sesampainya di Jeddah, para jemaah akan beristirahat di hotel atau penginapan sebelum melanjutkan perjalanan keesekoan harinya menuju Madinah. Di Madinah, jemaah umroh biasanya akan menginap selama tiga hari sembari melakukan ziarah atau kunjungan ke tempat-tempat bersejarah. Barulah pada hari keempat, para jemaah bertolak ke Makkah untuk memulai prosesi ibadah umroh.

Umroh Berapa Hari Dan Apa Saja Kegiatan di Tanah Suci Ini Penjelasanya Sebagai Berikut :

Ibadah umroh tentunya mempunyai beberapa kegiatan di dalamnya. Jadi bagi anda yang juga belum mengetahui sebenarnya apa saja kegiatan yang dilakukan selama ibadah umroh itu. Berikut rincian kegiatan yang di lakukan oleh jamaah umroh :

Mandi Janabah

Di awali dengan mandi besar atau janabah. Janabah merupakan salah satu sunah Rasul yang dilakukan ketika hendak menunaikan ibadah umroh. Tidak mengenal laki-laki atau perempuan, Janabah wajib dilakukan bagi semua jamaah umroh sebelum melaksanakan kegiatan ihram. Dan apabila anda tidak menemukan air suci anda bisa dengan bertayamum.

Mengenakan Pakaian Ihram

Bagi jamaah umroh anda wajib mengenakan pakaian ihram. Bagi laki-laki menggunakan 2 kain yang dijadikan selendang dan sarung. Kemudian bagi wanita memakai pakaian saja asalkan menutup aurat dan juga tidak terlalu berlebihan, pakaian yang di kenakan wanita juga tanpa hiasan, tidak menggunakan sarung tangan dan cadar.

Niat Umrah Dalam Hati

Niat umrah dalam hati ini dilakukan jamaah umroh dengan mengucap Labbaika ‘umrotan atau Labbaikallahumma bi’umrotin. Kemudian setelah itu, bertalbiyah bagi laki-laki untuk dapat mengeraskan suaranya bagi laki-laki dan cukup dengan suara yang yang didengar orang yang ada di sampingnya. Labbaikallahumma labbaik labbaika laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika laka ini biasanya diucapkan oleh para  Jamaah wanita.

Thowaf

Sesampai di Masjidil Haram sampai akhirnya menuju ka’bah, selanjutnya anda biasanya melakukan kegiatan ibadah thowaf sebanyak 7 kali putaran . 7 kali putaran disini, 3 putaran yang pertama, anda melakukan jalan dengan cepat kemudian sisanya jalan biasa. Setiap putaran pada saat menuju hajar sawad, sambil menyentuh dengan tangan kanan . Dan bagi yang mampu bisa mencium hajar aswad tersebut. Namun jika tidak dapat menciumnya, anda cukup memberi isyarat dan berkata Allahu akbar.

Shalat 2 raka’at

Shalat 2 raka’at ini dilakukan di bagian belakang maqam Ibrahim jika bisa. Namun jika tidak bisa, anda bisa melakukannya di tempat lain yaitu Masjidil haram dengan membaca surat Al-Kafirun pada raka’at pertama, dan pada saat raka’at kedua anda membaca surat Al-Ikhlas. Setelah itu melakukan sa’i.

Memotong Rambut

Bagi anda yang sedang menjalankan ibadah umroh, anda wajib memotong rambut kepala bagi kaum pria. Bagi wanita, anda hanya perlu mencukur rambut dengan hanya sujung jari saja. Ini merupakan langkah terakhir kegiatan ibadah umroh.

Aktivitas umroh di kota Madinah

Aktivitas selama di Madinah akan terkonsentrasi di Masjid Nabawi, masjidnya Rasullah saw. Di dalam area masjid ini terdapat sebuah makam seorang manusia paling mulia sekaligus kekasih Allah, Rasulullah saw. Area tersebut disebut Raudhoh ditandai dengan karpet berwarna Hijau khas yang membedakan dengan area diluarnya. Area ini merupakan area mustajab untuk memanjatkan do’a kepada Allah swt. Tidaklah heran, raudhah akan selalu ramai dan penuh oleh para jamaah selama 24 jam tanpa henti.

Sebuah Masjid yang memang melambangkan keagungan sekaligus kelembutan seorang Rasul akan dapat dirasakan teman muslim bila sholat didalamnya. Setiap kali kaki menginjakkan pekarangan Nabawi, serasa Rasulullah tersenyum menyambut kita untuk sholat didalam masjid beliau ,,,, MasyaAllah sebuah kenikmatan hati yg sulit didapat ditempat lain.

Detik demi detik akan sering dilalui didalam Masjid, sebuah hal yang terasa lain yang boleh jadi tidak pernah kita lakukan saat di Indonesia, berlama lama didalam Masjid, namun itulah yang terjadi bila di Nabawi, waktu akan cepat berlalu karena hati kita larut dalam do’a, sholat, mengaji, bersimpuh, sujud, menangis, bersholawat yang kesemuanya itu membuat dada dan hati kita terasa lapang dan sejuk, pikiran tenang dan lapang.

City tour biasanya merupakan bagian dari paket travel umroh selama di Madinah. Melihat lihat kota Madinah dan kehidupannya, berkunjung ke kebun kurma, sholat di masjid quba, percetakan Al-Qur’an, Jabal Magnet, Jabal Rahma, melewati Mina, dan masih banyak lagi tempat-tempat yang patut untuk dikunjungi selama di Madinah saat city tour.

Apa sajakah aktivitas umroh selama di Mekah?

Aktivitas Umroh sesungguhnya sebenarnya ada di kota Mekah, untuk itu selesai dari Kota Madinah, para rombongan jmaah adalah melakukan perjalanan menuju kota Mekah kurang lebih 6 jam perjalanan dengan menggunakan bus.

Secara garis besar ibadah umroh sesungguhnya sangatlah sederhana dimana ibadah ini memiliki rukun umroh yaitu dimulai dari Miqot (Niat umroh), tawaf, Sa’i, tahallu (potong rambut), dan tertib. Rangkaian rukun umroh tersebut rata rata akan memakan waktu 3 hingga 4 jam dalam kondisi normal, tidak tergesa gesa dan khuyuk.

Setelah selesai melakukan rukun umroh selama 3-4 jam tersebut maka selesailah sudah rangkaian Aktivitas Ibadah Travel Umroh teman muslim, Insya Allah teman muslim sah menjadi haji kecil, sebuah sebutan yang lazim disebut oleh masyarakat kita.

Lalu bagaimana sisa waktunya ? sedangkan rata-rata keberadaan kita di kota mekah adalah selama 3-4 hari. Seperti halnya di kota Madinah, di Mekah pun teman Muslim akan disibukkan dengan ibadah didalam Masjidil Haram dan city tour tergantung dari paket travel umroh yang digunakan

yang seperti antara lain Sholat, abis itu baca AL-Quran, kalau capek , tidur sebentar, bangun… ambil wudhu.. sholat sunnah, baca Al-Quran…lagi, kalau haus tinggal minum Air ZamZam Sepuasnya..

Ketika Adzan tiba, Sholat berJamaah, begitu dan seterusnya seharian di Masjidil Haram tak terasa detik demi detik diisi dengan mendulang Pahala untuk Bekal Saat Menghadap Sang Khalik dan itu Pasti.

Hal-hal yang di larang saat umroh :

1. Disunnahkan mandi besar atau janabah sebelum ihram
2. Ketika menggunakan baju ihram, tak boleh menggunakan wangi-wangian
3. Selanjutnya, ketika dalam perjalanan ke kota Mekah, membaca kalimat talbiyah berulang-ulang sebanyak-banyaknya
4. Setelah sampai di Masjidil Haram, langsung melaksanakan tawaf mengelilingi Kabah 7 kali
5. Melaksanakan salat 2 rakaat di depan makam Ibrahim
6. Meminum air zam-zam
7. Melakukan Sai antara Safa dan Marwah
8. Mencukur rambut.

Selain tata cara ini, perlu diketahui pula beberapa hal yang dilarang selama melakukan perjalanan umrah.

1. Mengambil rambut
2. Memakai wangi-wangian atau sejenisnya
3. Memotong kuku
4. Melakukan aktivitas berburu binatang

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Baca juga :

Dari penjelasan diatas, sudah terjawab mengenai pertanyaan umroh berapa hari, anda bisa memahami bahwa sebenarnya ibadah umroh bisa selesai dalam waktu satu hari saja, namun juga ada beberapa hal yang menentukan durasi pelaksanaan umroh. Seperti jumlah peserta umroh, paket perjalanan dari yang sudah di tentukan oleh biro travel dan juga anggaran yang dimiliki oleh jamaah umroh. Dari hal tersebut umroh bisa menjadi 4 hari, 7 hari bahkan 9 hari. Jadi semua tergantung dari beberapa penyebab yang sudah disampaikan seperti jumlah peserta, biro umroh dan anggaran serta lokasi yang dituju selain untuk kepentingan ibadah umroh seperti mengunjungi makam dan tempat-tempat lain.Bila masih kurang jelas bisa langsung hubungi kami dikontak dibawah ini.

Head Office:

ALIFAH TOUR
PT. Nurindo Wisata
Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4
Jl. Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat – INDONESIA
Telp: (021) 8859750/ 8859751

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment