Agustus 22 2018 0Comment
Urutan ibadah umroh

Urutan Ibadah Umroh Yang Harus Kamu Ketahui Saat Di Tanah Suci

Urutan ibadah umroh – Ibadah umroh merupakan salah satu ibadah sunat yang dianjurkan bagi umat muslim. Terlebih jika umat muslim itu sendiri mampu baik dari segi fisik maupun materi. Namun, jika kamu yang ingin melaksanakan ibadah umroh tapi belum tahu mengenai urutan ibadah umroh itu sendiri. Kamu tak perlu khawatir berikut ini adalah urutan ibadah umroh yang dapat kamu pelajari terlebih dahulu sebelum melaksanakan ibadah umroh. Sehingga nanti pas ibadah umroh berlangsung kamu tidak kaget lagi karena sebelumnya kamu sudah mempelajari terlebih dahulu.

Urutan ibadah umroh

Ibadah umroh tidak dibebankan kepada seluruh kaum muslimin. Hanya yang mampu saja, yang dalam istilah agama disebut dengan istitha’ah. Pengertian mampu disni adalah mampu dalam mental dan fisiknya. Sebagaiman kita ketahui ibadah umroh merupakan ibadah yang membutuhkan fisik yang kuat. Selain fisik, rohani juga harus siap.

Urutan Ibadah Umroh Yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Berikut :

  1. Menuju Tempat Miqat

menuju tempat miqat

Tempat miqat adalah tempat dimana kamu memulai untuk niat umroh dan memakai pakaian ihrom. Tempat miqat itu sendiri berada di Bir Ali. Bagi laki-laki memakai pakaian  ihram boleh dilakukan saat masih di madinah. Namun untuk niatnya harus tetap di Bir Ali. Sedangkan untuk wanita pakaian ihram yang dipakai boleh memakai mukena dan bergo. Setelah berganti pakaian, maka disunahkan untuk melaksanakan shalat sunat ihram 2 rakaat. Jangan lupa juga sejak kamu mengganti pakaian dengan menggunakan kain ihrom, kamu dilarang mengunakan wangi-wangian, mandi memakai sabun, sikat gigi memakai odol, memakai peci atau menggunakan kain selain ihrom, dan berhubungan istri. Jika hal-hal tersebut dilanggar, maka kamu akan dikenakan dam (sanksi) yang telah ditetapkan.

  1. Sepanjang Perjalanan Menuju Mekkah Disunatkan Memperbanyak Membaca Kalimat Talbiyyah

tabiyah

Setelah memakai pakaian ihrom, selanjutnya kamu akan menuju ke kota mekkah. Di sepanjang perjalanan, kamu disunatkan memperbanyak membaca kalimat talbiyyah. Selain merupakan kegiatan sunnat, hal ini bertujuan agar kamu lebih dekat dengan sang Maha Pencipta.

  1. Melakukan Thawaf

thawaf

Setelah kamu sampai di mekkah, urutan ibadah umroh selanjutnya adalah melakukan thawaf. Thawaf ini merupakan kegiatan mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali. 3 kali mengelilinginya sambil berlari-lari kecil sedangkan untuk 4 kalinya mengelilingi ka’bah berjalan seperti biasa halnya kita berjalan. Serta jangan lupa untuk membaca doa thawaf yang berada di buku panduan umroh yang telah disediakan.

  1. Melakukan Sa’i

sai

Setelah melakukan thawaf, urutan ibadah umroh yang selanjutnya adalah melakukan sa’i. Sa’i ini merupakan lari-lari kecil antara bukit safa dan marwah selama 7 kali bolak-balik. Jangan lupa juga untuk membaca doanya. Adapun untuk doanya kamu bisa melihatnya di buku panduan umroh yang telah disediakan. Sa’i dilakukukan yakni sebagai penghargaan Allah kepada istri Nabi Ibrahim, ra. untuk mengenang perjuangannya yakni Siti Hajar. Yangmana perjuangannya adalah mencari setetes air untuk putranya beliau Nabi Ismail, ra. dari bukit safa dan marwah sebanyak 7 kali. Maka dari itu, untuk mengenang perjuangan beliau maka sa’i menjadi salah satu urutan dalam ibadah umroh.

  1. Melakukan Tahalul

tahalul

Urutan ibadah umroh yang selanjutnya adalah tahalul. Tahalul ini merupakan sebuah kegiatan mencukur rambut. Baik itu mencukur rambut semuanya atau hanya sebagian. Namun akan lebih afdhol jika memotong rambut semuanya. Karena memotong semua rambut saat tahalul merupakan salah satu sunah Rasulullah.

  1. Tertib

tertib

Adapun urutan ibadah umroh yang terakhir adalah tertib. Tertib disini artinya dilakukan secara berturut-turut, tidak saling mendahului antara urutan yang satu dengan yang lainnya yang telah ditetapkan. Jika kamu tidak melaksanakan ibadah umroh dengan tertib maka ibadah umrohmu tidak sah dan tidak akan mendapatkan pahala di sisi Allah, SWT. Itulah urutan-urutan ibadah umroh yang dapat kamu pelajari sebelum melaksanakan ibadah umroh. Dengan mempelajari urutan-urutan ibadah umroh sebelum melaksanakannya, hal tersebut bisa menjadi pedoman setelah kamu sampai disana.

Hal-hal yang Wajib Anda Ketahui Mengenai Umroh

Umroh merupakan salah satu amalan yang di lakukan dengan waktu yang cukup lama dan wilayah yang jauh. Ibdah Sunnah ini sudah banyak sekali yang melaksanakannya mulai dari kalangan bwah hingga pengusaha. Ibadah umroh ini harus melakukan berbagai rangkaian ritual di kota suci Makkah khususnya di masjidil haram. Ibadah ini kebanyakan orang bilang mirp dengan haji di mulai dari tawaf memutari Ka’bah, sa’I dari shofa ke marwah mengenakan ihram dan runtunan amalan yang lainnya.

Dengan rangkaian ibadah umroh yang mirip dengan haji umroh juga sering kita sebut dengan nama haji kecil. Ada juga yang mengatakan awalan untuk ibadah haji. Kalau haji kan waktu tunggu lama tuh, nah, jika kamu melaksanakan ibadah umroh, tidak usah menunggu terlalu lama untuk bisa berangkat menuju Mekkah.

Dari runtutan ibadah umroh ada sebagian fakta yang perlu anda ketahui. Mari kita simak bersama beberapasebagian fakta itu. manapun, tak terduga kehadirannya. Karena tidak ada kerja keras yang sia-sia di hadapan Allah.

  1. Ukuran Masjidil Haram

ukuran masjidil haram

Masjidil haram merupakan tempat yang di pakai untuk ibadah umroh dan memiliki luas sekarang adalah tiga ratus enam puluh lima ribu meter persegi. Untuk tahun 2020 luas masjid tersebut di rencanakan jadi 597250 meter persegi. Jika anda pergi ke masjidil haram pada hari biasa tempat ini mampu menampung 900 ribu orang. Tetapi ketika musim haji datang masjidil haram bisa menampung sekitar dua juta jamaah. Bahkan untuk kedepannya masjid ini akan di naikkan agar bisa menampung

Bahkan, saat ini, kemampuan menampung masjid ini lagi dinaikkan agar bisa menampung hingga 4 juta orang.

      2. Air Zamzam

air zam-zam

Keajaiban dunia yang bisa anda temukan ketika ibadah umroh adalah air zamzam. Air tersebut dapat di katakana sebagai air ajaib karena air zamzam tersebut yang di berikan ketika ibadah haji hingga jutaan liter. Dan yang mengagumkan, air zamzam ini telah ada sejak zaman Nabi Ibrahim. sejarah zam-zam. Malah, hingga saat ini, air zamzam jadi sumber air utama di Kota Mekah, dan sumber air zamzam tak pernah mengering sama sekali.

      3. Ka’bah

kabah

saat berkunjung di Masjidil Haram kemudian masuk menjuju ke dalam, kita akan dapat melihat sebuah bangungan kubus besar, Ka’bah namanya. Ka’bah dibuat pertama kali oleh Nabi Adam. Tetapi, Lalu, Nabi Ibrahim menemukan kembali bangunan ini atas kuasa Allah, dan membangunnya lagi bersama Nabi Ismail.

Sekarang ini, Ka’bah terbuat dari marmer dan granit, pintunya memiliki warna emas dan memang terbuat dari emas asli dengan berat 280 kg. Kain yang menutupi Ka’bah memilikinama kiswah, dibuat menggunakan sutera paling yang tulisan arabnya disulam memakai benang emas dan perak dengan berat 150 kg.

       4. Umroh dapat Menghilangkan Kemiskinan

Saat kita memiliki niat melaksanakan umroh, tentu niatnya tak ingin menjadi kaya, melainkan Allah yang akan membuatnya jadi kaya. Ibadah umroh yang mabrur dan makbul, insyaaAllah akan diterima oleh Allah. Bahkan, bisa jadi segala pengeluaran yang dikeluarkan akan diganti oleh Allah berkali lipat. Mohon untuk tak lupa menemukan paket umroh murah sebelum kamu memutuskan untuk pergi ke tanah haram.

       5. Menghilangkan Dosa di Antara Dua Umrah

Kalau kita melaksanakan umrah pada sebuah kesempatan, dan saat waktu selanjutnya akan mengerjakan lagi, maka antara dua umroh itu keburukan kita akan dihapuskan. Sebagaimana dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=YLQkWnk9rnM]

Baca juga :

Demikian artikel yang kami bisa informasikan tentang urutan kegiatan umroh di tanah suci. Bagi anda yang beringinan menunaikan ibadah umroh atou haji, anda bisa mengunakan jasa perjalanan dari kami Alifah Tour . Kami sudah mengantongi ijin resmi dari pemerintah dan sudah banyak yang berangkat umroh dengan kami, dengan beberapa paket umroh yang bisa anda pilih. Bisa datang langsung ke kantor kami untuk mendaftar atou hubungi kami di kontak person di bawah ini .

Head Office:

ALIFAH TOUR
PT. Nurindo Wisata
Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4
Jl. Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat – INDONESIA
Telp: (021) 8859750/ 8859751

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment