Agustus 18 2018 0Comment
Video tata cara haji

Ulasan Dari Video Tata Cara Haji Yang Bisa Diterapkan Oleh Jamaah

Video tata cara haji – Haji memang salah satu ibadah yang sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar umat Islam. Bahkan, untuk melaksanakan ibadah haji, kadang masyarakat perlu mendaftarkan diri dan menunggu selama beberapa tahun terlebih dahulu. Tidak hanya itu saja, biaya yang diperlukan untuk melakukan ibadah haji juga bisa dibilang tidak sedikit. Nah, bagi anda yang sudah mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji, tidak ada salahnya jika membuka video tata cara haji sambil menunggu jadwal keberangkatan. Melalui video tersebut, anda dapat belajar lagi tentang langkah-langkah yang dilakukan dalam pelaksanaan ibadah haji. Apa saja urutan atau tata cara melakukan ibadah haji? Berikut ini beberapa penjelasannya :

Video tata cara haji

Ulasan Dari Video Tata Cara Haji Berikut Penjelasannya :

1. Berniat Atau Ihram

Di dalam video tata cara haji, awalnya anda akan melihat para jamaah haji melakukan niat untuk beribadah haji. Niat ini biasanya cukup diucapkan dalam hati saja. Nah, saat melakukan ihram atau niat ini, para jamaah tidak diperkenankan memakai pakaian yang dijahit, baju, jubal, penutup kepala, sepatu ataupun mantel. Saat melakukan  niat ini, sebaiknya para jamaah memotong kuku, mandi, memendekkan kumis, dan memakai wewangian di tubuh. Biasanya ihram atau berniat ini dilakukan di Mina sebelum tiba waktu sholat dzuhur.

2. Melakukan Wukuf Di Arafah

Ini adalah salah satu urutan haji yang sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan. Para jamaah akan melakukan wukuf di Arafah. Wukuf atau yang sering disebut dengan berdiam diri di Arafah biasa dimulai dari tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah hingga terbitnya fajar di tanggal 10 Dzulhijjah. Saat melakukan wukuf ini, para jamaah haji dianjurkan untuk berdizikir, berdoa, dan membaca Al-Qur’an.

3. Bermalam Atau Mabit Di Muzdalifah

Selanjutnya, melalui video tata cara haji anda akan menemukan informasi bahwa setelah wukuf di Arafah, maka akan melakukan mabit di Muzdalifah. Nantinya di tempat ini anda perlu mengambil sejumlah batu untuk pelemparan jumrah di Mina.

4. Melempar Jumroh Aqobah

Selanjutnya, melalui video tata cara haji, para jamaah akan melempar jumroh aqobah. Selain melempar jumroh aqobah. Pelemparan jumroh ini dilakukan dengan melemparkan 7 kerikil lalu melakukan penyembelihan hewan kurban.

5. Tahalul

Setelah melempar jumroh aqobah, para jamaah akan memendekkan rambut. Di urutan ini, anda juga dapat melakukan tawaf ifadah dan mencium Hajar Aswad.

6. Melakukan Sai

Selanjutnya, para jamaah melempar jumroh kemudian para jamaah akan berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke Marwah atau dikenal dengan istilah Sa’i. Sa’i ini dilakukan tujuh kali.

7. Mabit Di Mina

Setelah melakukan sai, tepatnya ada hari Tasyrik yaknik tanggal 11-13 Dzulhijjah, para jamaah akan melemparkan tiga jumroh sekaligus. Pelemparan jumroh ini diawali dari jumroh sughro kemudian wustho dan diakhiri dengan pelemparan jumroh aqobah.

8. Melakukan Tawaf Wada’

Selanjutnya, di dalam video tata cara haji tersebut anda juga akan menemukan informasi bahwa setelah melakukan amalan yang sama hingga tanggal 12 Dzhulhijjah, maka pada tanggal 13 Dzhulhijahnya, para jamaah akan melakukan tawaf wada’ sebagai tanda perpisahan sebelum mengakhiri ibadah haji. Namun, bagi para jamaah yang belum melakukan dua tawaf sebelumnya, sebaiknya melakukannya terlebih dahulu baru kemudian mengakhiri ibadah haji dengan melakukan tawaf wada’.

Lihat video menarik tentang haji berikut :

Baca juga :

Ternyata di dalam video tata cara haji telah memuat berbagai informasi yang sangat penting. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika anda ataupun calon jamaah haji yang lainnya rutin menonton video tersebut. Tujuannya agar ketika sudah sampai Mekkah, para jamaah sudah memiliki bayangan tentang urutan ibadah haji yang akan dilakukan. Untuk informasi lebih jelas bisa hubungi kami langsung di kontak bawah ini :

Head Office:

ALIFAH TOUR
PT. Nurindo Wisata
Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4
Jl. Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat – INDONESIA
Telp: (021) 8859750/ 8859751

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment