Agustus 12 2018 0Comment
Video tata cara umroh lengkap

Hal Yang Bisa Dipelajari Dari Video Tata Cara Umroh Lengkap

Video tata cara umroh lengkap – Selain haji, umrah merupakan ibadah yang hanya bisa dilakukan dengan berkunjung langsung ke kota Mekkah. Bedanya, umrah bisa dilakukan kapan saja. Berbeda dengan ibadah haji yang hanya di laksanakan saat bulan Dzulhijjah. Walapun tanpa batas waktu lain halnya dengan ibadah lainnya umroh ini juga mempunyai beberapa tahapan dalam melaksanakannya. Umroh adalah kegiatan ibadah yang hampir mirip dengan ibadah haji. Akan tetapi perbedaannya adalah umroh bisa dilaksanakan kapan saja dan hanya bisa dilaksanakan di Makkah. Sebelum melaksanakan ibadah umroh, berikut adalah hal yang bisa dipelajari dari video tata cara umroh lengkap :

Video tata cara umroh lengkap

Tata cara umroh perlu diketahui rukun-rukunnya supaya ibadah umrah dapat berjalan dengan baik dan sah, sehingga ibadah yang kita lakukan menjadi suatu kenikmatan dan tidak sia-sia serta dapat melaksanakan ibadah umroh dengan secara teratur sesuai dengan urutan dan tata cara yang benar.

Apabila anda ingin melaksanakan ibadah sunnah yang satu ini yaitu umroh maka pilihan yang tepat jika anda menentukan untuk melaksanakan ibadah umroh bersama travel Alifah nurindo tour sebab apabila anda dapat bergabung bersama kami akan anda akan bisa merasakan kenyamanan dalam beribadah sebagaimana mana yang anda inginkan dan yan anda butuhkan, semua kebutuhan yang anda butuhkan akan kami persiapkan dan kami kerjakan dengan sedemikian rupa untuk dapat membantu kenyamana anda saat melakukan semua proses dalam melanjalankan kegiatan umroh, yang merupakan salah satu ibadah sunnah yang dilaksanakan oleh para umat islam diseluruh dunia.

Bisa Belajar Dari Video Tata Cara Umroh Lengkap Sebelum Berangkat Umroh Dan Apa Saja Yang Dipelajari.

  • Ihram

ihrom

Tata cara umroh yang pertama sesuai dengan video tata cara umroh lengkap adalah membaca niat ihram. Akan tetapi sebelum mengucapkan niat ihram, disunnahkan untuk mandi besar sebelum ihram. Dan juga Anda harus memakai pakaian ihram, yaitu 2 kain yang dijadikan sarung dan selendang untuk pria dan untuk wanita menutup aurat. Diwajibkan untuk tidak memakai cadar dan sarung tangan ketika melaksanakan umroh. Setelah mengenakan pakaian ihram, Anda melafalkan niat umroh dalam hati dan setelah sampai di miqot, membaca dan memperbanyak kalimat talbiyah sambil mengeraskan suara untuk yang laki-laki. Sedangkan untuk yang perempuan lirih dan hanya bisa didengar oleh orang di sekitarnya. Bacaan talbiyah ini dibaca hingga tiba di Makkah untuk melaksanakan thawaf.

Setelah Niat diucapkan maka kita “resmi” dalam keadaan Ihram, sehingga berlakulah semua larangan-larangan ihram. beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan ketika ihram, yaitu :

  • Untuk laki-laki tidak boleh metup kepala dan memakai pakaian yang ada jahitannya misalnya celana dalam, kopiah atau peci
  • Dilarang menggunakan pakaian berjahit dan tutup kepala bagi laki-laki, serta sarung tangan bagi wanita.
  • Dilarang memakai wangi-wangian.
  • Dilarang menghilangkan rambut yang ada di bagian tubuh dengan cara apapun.
  • Dilarang menggangu, memburu, atau membunuh binatang.
  • Dilarang memotong atau mencabut tanaman di Tanah Haram.
  • Dilarang melakukan perbuatan-perbuatan yang mengarah pada jima’i atau bersyahwat, apalagi berhubungan badan.
  • Dilarang mencaci maki dan mengucapkan kata-kata kotor.
  • Dilarang melamar, menikah, atau menikahkan orang lain.
  • Thawaf

thawaf

Sebelum memasuki Makkah, dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu. Setelah itu, masuk masjidil haram dengan mendahulukan kaki kanan sambil membaca doa masuk masjid. Kemudian melanjutkan ke hajar aswad dan menyentuhnya menggunakan tangan kanan. Jika mampu, Anda bisa mencium hajar aswad dan mengucapkan bismillahi wallahu akbar. Apabila tidak mampu, Anda cukup memberi isyarat sembari mengucap takbir. Thawaf dilaksanakan sebanyak 7 kali putaran dengan 3 putaran pertama berjalan cepat. Kemudian sisanya jalan biasa.

Thawaf diawali serta diakhiri di hajar aswad dan berjalan lawan arah jarum jam, tepatnya ka’bah berada di sebelah kiri Anda. Disunnahkan untuk mengusap Rukun Yamani di setiap putaran thawaf. Jika tidak memungkinkan, tidak perlu member isyarat dengan tangan. Setelah itu, Anda lakukan shalat 2 rakaat di belakang Maqam Ibrahim. Jika tidak bisa, Anda bisa shalat di sekitar Masjidil Haram dengan membaca Al Kafirun kemudian di rakaat kedua membaca Al Ikhlas. Setelah shalat, disunahkan untuk minum air zam-zam dan diusapkan. Agar mudah ikutilah garis hitam yang ada di lantai dan garis lurus dengan tanda lampu berwarna hijau. Untuk 3 putaran pertama disunahkan untuk berlari-lari kecil dan untuk selanjutnya boleh berjalan biasa.

  • Sa’i

sai

Setelah thawaf dan sholat di Maqam Ibrahim atau di sekitar Masjidil Haram, selanjutnya Anda bisa melaksanakan sa’I dengan naik ke bukit safa. Kemudian menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangan dan membaca do’a khusus yang bisa Anda saksikan di video tata cara umroh lengkap. Setelah itu, mengucap takbir 3 kali dan mengucapkan do’a yang bisa Anda temukan di berbagai media. Atau Anda bisa menyaksikan video tata cara umroh lengkap dan hafalkan.

Ucapkan kalimat di atas sebanyak tiga kali dan dilanjutkan dengan berdoa. Kegiatan sa’I dilaksanakan sebanyak tujuh kali dengan hitungan berangkat dan kembalinya dihitung satu kali. Diawali dari bukit Shofa menuju ke bukit Marwah. Saat melaksanakan sa’i tidak ada bacaan dzikir tertentu, maka dari itu Anda boleh berdzikir maupun berdoa sesuai kehendak Anda.

  • Tahallul

tahalul

Setelah melaksanakan Sa’i, selanjutnya Anda melaksanakan tahallul. Tahallul dilaksanakan dengan cara mencukur habis rambut kepala bagi laki-laki. Sedangkan untuk wanita, diharuskan untuk memendekkan rambutnya sepanjang satu ruas jari.

  1. Tertib

tertib

Setelah melaksanakan tahallul, berarti berakhirlah ibadah umroh dan Anda diperbolehkan untuk mengerjakan hal-hal yang sebelumnya dilarang dalam keadaan ihram. Saat melaksanakan ibadah umroh, lakukan langkah pertama sampai terakhir secara berurutan. Jika tidak, maka Anda harus mengulangi dari awal. Jika Anda masih bingung dengan penjelasan di atas, Anda bisa menyaksikan video tata cara umroh lengkap di Youtube.

Dengan begitupun anda telah sampai pada setiap tahapan pada tata cara umroh yang sesuai dengan ketetapan sunnah dalam pelaksanaannya, yang telah kami jelaskan secara singkat dalam perjalanan dari travel umroh Alifah nurindo tour ini yang akan dapat anda laksanakan dengan sesuai pada ketentuannya.

Pelaksanaan pada tata cara umrohpun telah dapat terselesaikan dengan baik dan tenang apabila anda memilih travel Alifah nurindo tour kami ini, dengan melakukan kegiatan pelaksanaan pada tata cara umroh yang sesuai dengan ulasan singkat yang telah kami jelaskan diatas, maka andapun akan bisa merasakan kenyamanan dan ketenangan dalam beribadah dengan semestinya ibadah umroh seharusnya dilakukan 0leh para Jemaah islam .

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=XJBibv9_FBI]

Mengetahui bagaimana tata cara umroh dan doanya yang baik dan benar sangat penting bagi kelancaran pelaksanaan penunaian ibadah umroh, karena jika niat kita saja salah maka ibadah kita tidak diterima oleh Allah. Orang yang telah niat ihram tidak boleh melakukan larangan ihram sampai selesai tahallul. Kalau Anda tidak ada melakukan larangan ihram, Insya Allah ibadah umrah Anda maqbulan.

Meski bisa dilaksanakan sewaktu-waktu, umrah tetaplah berbeda dengan traveling kebanyakan. Dibandingkan dengan pergi sendiri, umrah lebih dianjurkan untuk pergi secara berkelompok. Itupun perlu lewat agen travel terpercaya agar ibadah umrah yang dijalankan lebih mabrur. First Travel sering mengadakan manasik secara rutin. Tujuannya untuk mengedukasi calon jamaah umrah. Sebab seperti diketahui, manasik adalah bekal penting yang berguna bagi para jamaah umrah ke depannya. Melalui peragaan dan penjelasan pembimbing manasik yang berintegritas, calon jamaah umrah dijamin mendapatkan bekal berupa tata cara dan rukun ibadah umrah yang mudah untuk dipahami.

Baca juga :

Lihat video tata cara umroh lengkap sebagai berikut :

 

Demikian artikel yang kami buat, tentang tata cara umroh .semoga artikel kami menambah informasi anda sebelum anda berangkat umroh. Untuk informasi lebih jelas bisa hubungi kami langsung. kami dengan seneng hati melayani anda. di kontak person dibawah ini :

Head Office:

ALIFAH TOUR
PT. Nurindo Wisata
Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4
Jl. Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat – INDONESIA
Telp: (021) 8859750/ 8859751

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment