Juli 31 2018 0Comment
Yang harus dipersiapkan sebelum berangkat umroh

Hal – Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berangkat Umroh

Yang harus dipersiapkan sebelum berangkat umroh – Berkunjung ke tanah suci merupakan impian dari umat muslim. Mengunjunginya bukan hanya sekedar ibadah saja. Namun bagi sebagian orang, hal ini merupakan moment yang tepat untuk memperbaiki diri dan lebih dekat dengan sang Maha pencipta. Jika sebelum berangkat ke tanah suci aktivitas ibadah kita sering bolong-bolong, maka moment ini merupakan moment yang sangat tepat. Bagi kamu yang hendak melakukan ibadah umroh, bukan hanya persiapan fisik dan mental saja yang harus dipersiapkan. Lebih dari itu kamu juga harus mempersiapkan hal-hal yang paling kecil sebelum berangkat umroh. Adapun yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh adalah sebagai berikut.

Yang harus dipersiapkan sebelum berangkat umroh

Yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh yang paling utama adalah waktu. Kita tidak bisa menginginkan berangkat beribadah umroh sekarang besok bisa langsung berangkat. Biasanya banyak yang harus disiapkan terlebih dahulu seperti visa. Oleh karena itu, biasanya agen travel ibadah umroh membuat jadwal-jadwal khusus pemberangkatan jamaah umroh.

Namun, tidak seperti kita berangkat haji, yang harus mendaftar dan antre menunggu pemberangkatan sampai bertahun-tahun. Ibadah umroh biasanya di sediakan oleh jasa agen travel yang bergelut di bidang ini. Waktu pendaftaran sampai berangkat pun tidak terlalu lama biasanya satu bulan setelah pendaftaran, jamaah bisa berangkat menunaikan ibadah. Sebelum pemberangkatan jamaah biasanya melakukan tes kesehatan dan juga pembekalan ilmu selama ada di sana. Jadi buat kalian yang baru pertama kali menunaikan umroh, tidak perlu bingung akan ada pemandu khusus yang disediakan oleh jasa agen umroh ini.

Perlengkapan yang harus dipersiapkan sebelum berangkat umroh sebagai berikut :

1. Tas Kecil

Yang harus dipersiapkan sebelum berangkat umroh pertama adalah bagi kamu yang ingin melaksanakan ibadah umroh, salah satu barang yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh adalah tas kecil. Tas kecil merupakan salah satu barang yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan menuju tanah suci. Karena fungsi dari tas kecil ini sangat banyak sekali manfaatnya. Yakni kamu bisa menyimpan barang-barang seperti pasport, tanda pengenal, dompet, handphone, dan barang-barang yang lainnya yang kamu anggap penting. Jadi sebelum kamu berangkat untuk melaksanakan ibadah umroh, jangan lupa untuk mempersiapkan tas kecil.

2. Tas Tenteng

Tas Tenteng

Selain tas kecil, yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh yang kedua adalah tas tenteng. Tas tenteng ini tak kalah pentingnya untuk disiapkan sebelum berangkat umroh. Karena tas tenteng ini sangat banyak sekali manfaatnya salah satunya tas tenteng ini dapat dipakai untuk membawa perlengkapan umroh. Seperti kain ihram,  pakaian dalam, kaos kaki, maupun obat-obatan. Selain itu tas ini juga bisa dipakai untuk membawa pakain kotor agar tidak tercampur dengan pakaian yang bersih.

3. Tas Trolley

tas trolley

Yang harus disiapkan sebelum berangkat umrah selanjutnya adalah tas trolley. Tas ini berfungsi untuk menyimpan barang-barang besar yang akan kamu gunakan selama 9 hari melaksanakan ibadah umroh. Seperti pakaian, peralatan mandi, dan barang-barang penting lainnya yang mendukung keperluanmu selama melaksanakan ibadah umroh di tanah suci.

4. Buku Doa Dan Alquran

al quran

Buku doa dan alquran merupakan salah satu barang yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh. Selain sebagai perlindungan untuk diri sendiri, membaca alquran dan membaca doa-doa akan dapat menenangkan hati si pembacanya. Apalagi ibadah umroh merupakan ajang pendekatan diri dan memperbaiki kualitas ibadah. Maka kamu bisa menjadikan membaca alquran dan doa-doa sebagai media untuk mendekatkan diri kepada Allah. SWT.

5. Tempat Air Minum

Barang penting yang lainnya yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh adalah tempat air minum. Barang ini sangat penting sekali untuk dibawa. Kamu yang sedang melaksanakan ibadah umroh harus senantiasa fit. Apalagi kondisi suhu di tanah suci sana sangat panas sehingga dikhawatirkan akan mengganggu daya tahan tubuhmu. Maka dari itu, membawa tempat air agar tubuhmu tetap fit merupakan hal yang sangat penting. Untuk pengisian air, kamu tidak usah khawatir. pasalnya, di masjid-masjid dan di tempat-tempat tertentu telah disediakan air zam-zam secara gratis. Sehingga kamu bisa kapan saja mengisi tempat airmu dengan air zam-zam.

6. Alas Kaki

alas kaki

Barang yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh yang terakhir adalah alas kaki. Alas kaki ini sangat penting untuk mendukung ibadah umrohmu. Tidak perlu alas kaki dengan harga yang mahal, yang penting alas kaki tersebut nyaman digunakan serta tidak mengganggu kekhusukan ibadah umrohmu.

Selain barang-barang seperti di atas juga anda harus menyiapkan hal-hal seperti yang berikut ini

Niat

Yakinkan niat anda yaitu hanya untuk beribadah dan memenuhi panggilan dari Allah karena kita semua tidak tahu dengan apa yang terjadi di tanah suci nantinya jadi anda harus meninggalkan niat-niat lainnya seperti pamer foto di Makkah atau hanya ingin mendapatkan gelar sebagai haji untuk mendapatkan derjat tinggi anda di sekitar masyarakat.

Persiapan Fisik

Supaya ibadah umroh nantinya berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun jadi anda harus melakukan beberapa gerakan fisik seperti berjaalan di setiap pagi dan sorenya selain itu juga lakukan olahraga lainnya supaya badan anda tetap fit dan siap untuk keberangkatan ibadah umroh.

Persiapan Ilmu

Dalami ilmu-ilmu ibadah umroh yang akan anda laksanakan karena manasik saja tidak cukup untuk pembekalan, misalnya seperti pelajari ayat-ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengan ibadah umroh, karena dengan persiapan ilmu yang bagus anda tidak akan kebingungan nantinya.

Membuat Target Ibadah

Tidak ada salahnya membuat target ibadah seperti khatam Qur’an minimal sekali selam berhaji atau selalu sholat berjama’ah di masjid. Namun, buatlah target yang wajar dan jangan sampai target tersebut justru membuat kita mengabaikan ibadah lain atau membuat ibadah menjadi tidak khusyuk karena terburu-buru.

Persiapkan Mental

Siapkan juga mental Anda untuk menghadapi berbagai hal, misalnya fasilitas toilet, menghadapi kelakuan orang dan juga menghadapi hal lainnya. Jangan sampai kita banyak mengeluh karena memiliki ekspektasi yang tinggi dalam beribadah haji.

Manajemen Waktu

Pelajari juga kebiasaan di Mekkah dan Madinah untuk dapat memanajemen waktu. Misalnya datang lebih awal sebelum sholat wajib untuk thawaf dan mencari tempat untuk sholat. Anda bisa menanyakan dan mengonsultasikan hal ini pada agen penyedia travel umrah dan haji yang Anda ikuti.

Packing

Periksa kembali barang bawaan yang akan anda bawa, Jangan sampai ada barang bawaan yang tertinggal, terutama yang sering Anda butuhkan.

Menjalin Silaturahmi

Di Tanah Suci nanti, semua orang dari berbagai belahan dunia akan tumpah menjadi satu untuk memenuhi panggilan Allah. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjalin silaturahmi dengan saudara sesama Muslim dari berbagai penjuru dunia, untuk menambah pengalaman dan juga ilmu dalam beribadah.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Baca juga :

Itulah beberapa peralatan atau barang yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh. Semoga informasi yang kami berikan di atas dapat bermanfaat untuk anda yang akan melaksanakan ibadah umrohJangan lupa untuk mengecek setiap barang yang sekiranya perlu dan mendukung untuk keperluan ibadah umrohmu. Semoga perjalanan anda lancar. Bagi yang ingin melaksanakan ibadah umroh kami adalah pilihan tepat. Kami Alifah tour siap membantu anda yang ingin menunaikan ibadah umrah. Dengan berbagai farian paket umroh. untuk informasi selengakapnya bisa hubungi kami atau langsung datang ke kantor kami langsung. Berikut merupakan kontak yang dapat di hubungi jika sewaktu-waktu anda membutuhkan jasa biro umroh kami :

Head Office:

ALIFAH TOUR
PT. Nurindo Wisata
Ruko Mutiara Bekasi Centre Blok A 10 No. 4
Jl. Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat – INDONESIA
Telp: (021) 8859750/ 8859751

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur

admin99

Write a Reply or Comment